Alergi Gigitan Nyamuk Pada Anak

alergi gigitan nyamuk pada anak

Nyamuk merupakan serangga kecil yang cukup mengganggu. Nyamuk banyak bertebaran dimana-mana, tidak terkecuali di dalam rumah. Perludiketahui, bahwa hanya nyamuk betina yang menghisap darah manusia yang dibutuhkan untuk memproduksi sel telur. Ketika menghisap darah, nyamuk betina menggigit kulit sambil mengeluarkan air liur.

Air liur tersebut mengandung banyak protein yang membuat darah menjadi tidak membeku, sehingga nyamuk dapat menghisap darah dengan leluasa. Protein dari air liur tersebut menyebabkan reaksi imun yang dapat muncul sebagai reksi alergi.

Reaksi alergi yang lebih parah yang disebut dengan sindrom Skeeter kadang muncul dan menyebabkan benjolan merah yang di sertai dengan rasa gatal. Pada kasus biasa, mungkin rasa gatal dan bengkak umumnya terlihat setelah gigitan, tetapi pada sindrok skeeter ini gejala muncul beberapa jam bahkan beberapa hari setelah gigitan tersebut.

Pembengkakan merupakan gejala umum yang langsung bisa diamati. Pembengkakn ini akan diikuti dengan rasa gatak disekitar area gigitan. Pada kasus alergi, gatal, bengkak, dan kemerahan mungkin berlangsung selama beberapa hari. Luas pembengkakan akan lebih besar dari biasanya dan menyebabkan lecet pada kulit.

Meskipun sangat jarang terjadi, gigitan nyamuk mungkin dapat memicu anafilaksis yang mempengaruhi banyakj organ dan sistem tubuh atau angiodema yang dapat memicu pembengkakan di seluruh tubuh.

Anak kecil dan remaja lebih rentan terhadap alergi gigitan nyamuk dibandingkan dengan orang dewasa. Seiring dengan bertambahya usia, tubuh akan mengembangkan kekebalan terhadap air liur nyamuk.

Untuk mengatasi alergi gigitan nyamuk pada anak yang memiliki kulit sensitif bisa dilakukan dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari campuran dua bagian baking soda dan satu bagian air. Jika tidak bisa mengatasi reaksi alergi yang timbul, salep anti peradangan bisa digunakan untuk membantu mengurangi bengkak. Selain itu, obat alergi atau antihistamin juga bisa digunakan untukmengatasi reaksi alergi yang timbul akibat gigitan nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *