Alergi Kulit Kepala Akibat Cat Rambut

alergi kulit kepala akibat cat rambut

Mewarnai ramut merupkan hal yang umum dilakukan pada sekarang ini. Bahkan mewarnai rambut seolah menajdi sebuah trend modern. Mewarnai rambut sringkali dilakukan untuk memperidah penampilan dan memberikan tampilan visual yang berbeda pada warna rambut. Tapi, apakah Anda tahu jika cat rambut dapat maemicu timbulnya reaksi alergi ?

Alergi dapt timbul kapan saja dan tes kulit sebelum menggunakan cat pewarna rambut sangat penting untuk dilakukan. Sebuah studi telah menghubungkan paparan PPD dengan meningkatkannya kanker kandung kemih. PPd merupakan senyawa tidak berwarna tetapi menjadi kaya warna ketika bereaksi dengan oksigen yang terkandung dalam bahan pewarna rambut, seperti hidrogen peroksida. Kimia in digunakan pada pewarna rambut permanen karena ia mengikat kuat ke rambut.

Reaksi alergi yang dapat timbul akibat pekmakaian cat rambut diantaranya adalah gatal-gatal di kepala. Selain itu, zat alergen juga bisa menimbulkan bengkak di bagian muka. Hal yang umum terjadi adalah seperti kulit kering, gatal, kulit mengelupas dengan rasa yang sangat gatal di kepala dan wajah.

Tingkat keparahan gejala akan berbeda pada setiap orang, tetapi dalam kebanyakan kasus, tanda-tanda reaksi alergi akan mulai terlihat dalam rentang 24 jam setelah memakai cat rambut.

Jika sudah terlanjur mengalami reaksi alergi karena cat rambut, sebaiknya rambut segera di cuci dengan menggunakan air tanpa shampo hingga bersih dan juag sebaiknya hindari penggunaan cat rambut kembali. Obat alergi atau antihistamin mungkin dibutuhkan untuk mengurangi reaksi alergi yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *