Anda Penderita Alergi? Selalu Sediakan Barang-Barang Ini!

Anda Penderita Alergi? Selalu Sediakan Barang-Barang Ini!,- Respon alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang bereaksi secara abnormal terhadap zat yang umum dalam lingkungan. Zat ini dikenal juga sebagai alergen, yang bis amenyebabkan respon peradangan dalam tubuh yang dapat berkisar dari ringan hingga mengancam nyawa.

Setiap orang berisiko terkena alergi, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Terlebih lebih jika telah memiliki riwayat alergi dari orang tua, maka diperlukan deteksi dini dan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar alergi tidak semakin parah.

Untuk mencegah timbulnya alergi, hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari berbagai faktor yang menjadi penyebabnya, seperti makanan pemicu alergi, tidak pergi keluar rumah ketika udara dingin, memilih mandi dengan air hangat saat udara dingin, dan selalu menyediakan obat alergi untuk mengatasi gejala yang timbul.

Selain itu, juga terdapat barang-barang yang harus selalu disediakan penderita alergi agar kondisi alergi tidak semakin buruk, seperti diantaranya :

  • Antihistamin

Obat ini memang diresepkan untuk mengurangi gejala alergi. Histamin sendiri merupakan suatu zat yang terbentuk saat sistem kekebalan tubuh melawan zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh.

Obat ini tidak dijual bebas di pasaran, tetapi harus dibeli dengan menggunakan resep dokter. Adapun beberapa jenis obat alergi lainnya yaitu desloratadine, fexofenadine, levocetirizine, cetirizine, dan loratidine. Sayangnya, semua jenis obat alergi tersebut membuat konsumennya mudah mengantuk. Maka dari itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis obat alergi yang tepat untuk Anda.

  • Krim dan losion

Selalu sediakan krim pelembap, losion, atau salep yang mengandung hidrokortison untuk kulit. Dapatkan jenis obat tersebut dari dokter atau pun apoteker. Kemudian, gunakan krim untuk melembapkan kulit yang kering dan gatal, serta gunakan salep hidrokortison untuk meredakan peradangan yang terjadi. Namun, jika gejala alergi yang timbul semakin serius, seperti mengalami eksem, maka segeralan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

  • Obat tetes mata

Selain bisa membuat kulit gatal dan kemerahan, alergi juga biasanya menyebabkan mata merah, berair, dan gatal. Semua kondisi tersebut tentu akan sangat mengganggu, terlebih lagi jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan.

Maka dari itu, selalu sediakan obat tetes mata agar gejala tersebut bisa segera diatasi. Sebaiknya pilihlah obat tetes mata yang mengandung antihistamin atau ketotifen. Jika mata membengkak dan membuat Anda tidak nyaman, maka segera periksakan diri ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

  • Obat semprotan hidung

Beberapa jenis alergi mungkin akan menimbulkan gejala hidung kering. Jika Anda mengalami hal ini, maka cobalah untuk melembapkannya dengan semprotan hidung yang mengandung dekongestan. Namun, sebaiknya jangan gunakan alat ini lebih dari 3 hari secara berturut-turut, pasalnya bisa jadi gejalanya akan semakin memburuk.

  • Epinefrin

Apakah Anda tahu jika terdapat jenis alergi yang cukup berbahaya, karena sangat cepat berkembang dan berisiko tinggi menyebabkan kematian? Jenis alergi tersebut dikenal sebagai alergi anafilaksis. Untungnya, jenis alergi ini termasuk yang jarang ditemukan.

Jika Anda mengalami alergi ini, maka sebaiknya selalu sediakan epinefrin berbentuk suntikan, agar gejalanya bisa segera diatasi. Untuk memastikan jensi alergi yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Mintalah bantuan dokter untuk memberitahu cara menggunakan epinefrin dengan benar.

  • Dekongestan

Jika alergi membuat Anda sulit bernapas karena hidung tersumbat atau berair, maka sebaiknya selalu sediakan dekongestan di tas Anda. Dekongestan merupakan obat untuk membuka saluran pernapasan yang tersumbat dalam waktu singkat.

Pilihlah dekongestan yang mengandung antihistamin, karena pada sebagian orang dapat membantu meredakan reaksi alergi dengan cepat. Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, glukoma, ataupun penyakit tiroid, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat ini.

  • Bronkodilator

Jika Anda mengidap asma, baik itu asma karena alergi atau penyakit asma biasa, tentu sudah tidak asing lagi dengan inhaler atau disebut juga sebagai bronkodilator. Obat semprot ini bisa membantu meredakan gejala asma dengan cepat. Jika Anda alergi yang Anda alami disertai dengan asma, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan obat ini.

  • Sarung bantal bersih

Jika Anda memiliki alergi pada tungau debu dan sering melakukan perjalanan jauh, sebaiknya selaly bawa sarung bantal dan seprai pribadi yang bersih.

  • Informasi medis

Informasi medis, seperti kartu yang memuat segela informasi mengenai kesehatan Anda, juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan oleh penderita alergi. Didalam kartu tersebut bisa disebutkan jenis alergi apa yang Anda alami, nama dokter yang menangani dan nomor teleponnya, informasi kontak darurat, serta informasi asuransi kesehatan. Hal ini sangat membantu ketika Anda memerlukan bantuan ketika alergi kambuh.

Jika Anda sudah memiliki semua barang-barang tersebut, maka sebaiknya kemas dalam satu tas agar lebih mudah dibawa saat akan bepergian. Selain itu, jangan lupa untuk selalu periksa kualitas obat denagn cara membaca ketentuan penyimpanan hingga tanggal kedaluwarsanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *