Awas! Ternyata Alergi Makanan Bisa Picu Kecemasan Pada Anak

Awas! Ternyata Alergi Makanan Bisa Picu Kecemasan Pada Anak,- pengobatanalergi.com – Alergi makanan merupakan salah satu jensi alergi yang cukup sering dialami oleh anak. Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memicu timbulnya reaksi alergi pada anak, seperti diantaranya ikan, susu, telur, kacang-kacangan, dan lainnya. Tidak sedikit orang yang menganggap jika alergi merupakan penyakit yang ringan dan tidak berbahaya. Padahal, jika kondisi ini terus dibiarkan bisa menimbulkan dampak yang fatal.

Ruam, gatal, bengkakak, pusing, bahkan pingsang merupakan beberapa gejala alergi makanan yang biasa timbul. Alergi juga bisa menyebabkan bronchospasm, yaitu penyempitan pada saluran pernafasan. Jika tidak segera ditangani, maka kondisi ini akan berujung pada kematian.

Namun, selain itu, ternyata diketahui bahwa alergi makanan pada anak juga bisa menyebabkan kecemasan. Anak-anak dengan alergi makanan memiliki prevalensi kecemasan di masa kecil yang jauh lebih tinggi. Namun, alegi makanan tidak terbaik dengan gejala depresi di masa kecil.

Tim peneliti di Amerika Serikat mempelajari sekitar 80 pasien anak yang berusia 4 sampai 12 tahun, rata-rata sampel yang berusia 8 tahun dengan atau tanpa alergi makanan dan meneliti pengasuh mereka dari klinik rawat jalan pediatrik di Bronx, New York. Mereka mengendalikan diagnosis asma pada anak-anak karena kegelisahan dan gangguan mood lebih umum terjadi pada anak-anak minoritas sosio ekonomi rendah.

57% diantara anak-anak yang memiliki alergi makanan dilaporkan memiliki gejala kecemasan dibandingkan dengan 48% anak tanpa alergi makanan.

Penulit utama penelitian, Renee Goodwin PhD, di Departement of Epidemiologi di Mailman School of Public Health, menjelaskan jika pengelolaan alergi makanan bisa mahal, baik dari segi belanja makanan, persiapan makan, danbiaya injeksi intra auto epinefrin, yang kadaluwarsa setiap tahunnya.

Tuntutan ini tentu bisa menyebabkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi bagi mereka yang memiliki sumber daya keuangan yang lebih sedikit dan meningkatkan kecemasan lebih lanjut. Gejala bisa timbul pada anak-anak dan pengasuh mereka.

Baca juga : Pengobatan Alergi Karena Makanan untuk Anak dan Dewasa

Para peneliti juga menemukan adanya hubungan antara alergi makanan dengan kecemasan yang dialami oleh anak dan menyebabkan ketakutan pada penolakan sosial.

Terdapat sejumlah penjelasan yang mungkin berhubungan antara diagnosis alergi makanan dan meningkatnya masalah kecemasan sosial pada sampel pasien anak-anak ini. Pengelolaan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa mungkin akan menimbulkan kecemasan, dan beberapa anak mungkin mengalami kecemasan sosial yang meningkat tentang ‘berbeda’ dari anak-anak lain tergantung pada usia mereka dan bagaimana alergi makanan dikelola oleh orang dewasa dalam situasi tertentu.

Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa alergi makanan dengan gejala depresi di masa kecil atau dengan gejala kecemasan dan depresi diantara masa pengasuh mereka tidak berhubungan secara signifikan.

Diperlukan penelitian yanglebih lanjut agar hasilnya lebih optimal. Juga perlu dilakukan penelitian terhadap hubungan antara remaja usia lanjut dan dewasa muda yang memiliki alergi makanan dengan terjadinya depresi.

Posted on Categories Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *