Bebaskan Rumah dari Debu dengan 5 Langkah Efektif Berikut!

Bebaskan Rumah dari Debu dengan 5 Langkah Efektif Berikut!,- Bagi penderita alergi tungau debu, debu merupakan salah satu hal yang harus dihindari. Namun, tidak semudah itu untuk menghindari debu, karena debu terdapat di sekeliling kita, tidak terkecuali di rumah.

Tumpukan debu di rak, bangku, lemari, meja, dan berabotan rumah lainnya seakan tidak ada habisnya. Membersihkan debu menjadi hal yang melelahkan, namun debu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tidak membersihkan debu secara teratur justru akan memicu timbulnya masalah kesehatan pada seluruh anggota keluarga, salah satunya seperti alergi debu.

Jika dibiarkan menumpuk, debu bisa mengganggu pernapasan dan menyebabkan alaergi. Agar rumah tetap bersih dan sehat, berikut ini 5 langkah efektif bebas rumah dari debu yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

*) Lap microfiber

Simpan beberapa lap microfiber yang berbeda-beda untuk mengelap perabotan rumah setiap harinya. Ganti setiap hari untuk mencegah bertumpuknya debu pada kain lap. Jenis microfiber sangat ampuh untuk mengelap rak, meja, dan juga figura foto. Carilah lap dengan teknologi HEPA filter, sehingga debu terkunci di dalam lap dan tidak kembali menempel pada permukaan perabot.

Untuk menyingkirkan debu dari perabotan rumah yang berbahan dasar kain berlapis, gunakan sarung tangan karet dan gosok permukaan dengan sedikit tekanan. Gesekan bahan karet dapat membuat tarikan statis yang mampu menarik debu, rambut, serta bulu halus.

*) Vacum cleaner

Anda bisa menggunakan vacum cleaner denganujung brush yang halus, Mulailah menyedot dari bagian atas rak buku menuju ke bawah. Jangan lupa untuk mengelap bagian belakang rak buku, karena ada banyaks eklai debu yang menempel di sana.

*) Bersihkan dari atas ke bawah

Sebagian besar orang memulai proses pembersihkan dari bawah, namun hal tersebut ternyata hanya menyebabkan kotoran dari atas jatuh lagi ke bawah. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mulai dengan membersihkan langit-langit serta kipas angin terelbih dahulu sebelum menyapu lantai. Bersihkan dengan menggunakan campuran cuka dan air untuk dioleskan dengan lap microfiber.

*) Alat elektronik

Peralatan elektronik, seperti telepon, laptop, dan TV seringkali menjadi sarang debu meskipun tidak kasat mata. Umumnya, alat elektronik memancarkan gas kimia seperti phthalates dan retardant yang dapat memicu datangnya debu. Maka dari itu, bersihkan alat elektronik setidaknya semingg sekali dengan menggunakan lap microfiber.

*) Ramuan khusus untuk furnitur

Tek dapat membantu menyingkirkan debu dari perabotan rumah berbahan kulit. Campurkan setengah cangkir minyak zaitun dengan 1/4 teh hitam dan 1/4 cuka. Kocok hingga merata dan oleskan pada bahan kulit menggunakna lap microfiber. Sofa juga seringkali terbuat dari material yangmengandung retardant. Untuk mencegah menempelnya debu, Anda bisa menggunakan foam anti retardant dan menutupi sofa dengan cover.

Semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

Mengatasi Reaksi Alergi Debu pada Hidung
Debu Pertanian Lindungi Anak dari Alergi
Penyakit Alergi Debu
Hal yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Bebas Alergi Tungau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *