Benarkah Hidup Terlalu Higienis Bisa Picu Timbulnya Alergi?

Benarkah Hidup Terlalu Higienis Bisa Picu Timbulnya Alergi?,- pengobatanalergi.com – Menjaga kebersihan, baik tubuh ataupun lingkungan sekitar memang dianjurkan agar kita tetap sehat dan terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit. Namun, apakah Anda tahu, jika hidup terlalu higienis ternyata justru bisa memicu timbulnya alergi. Benarkah demikian ?

Menurut beberapa ilmuwan, hidup terlalu higienis itu salah karena bisa mempercepat timbulnya gejala asma dan alergi. Sederhanaya, sistem imun tubuh kita terdiri dari sel-sel imun yang bertugas menghalau datangnya kuman. Ketika tubuh terpapar kuman, maka sel-sel imun sibuk atau sangat aktif mengangkap dan menjinakkan kumah tersebut agar tidak terjadi infeksi.

Jika tubuh tidak pernah terpapar kuman atau bakteri, karena selalu berada di lingkungan yang sangat bersih, maka sel-sel imun tubuh tidak terlatih. Sel imun yang memang didesain untuk selalu aktif ini kemudian menjadi bodoh dan bereaksi berlebihan ketika terdapat paparan benda asing. Padahal, benda asing tersebut tidak mengancam, seperti debu atau bulu binatang. Anda juga akan mengalami reaksi alergi.

hidup terlalu higienis picu alergi

Hipotesis Alergi dan Hidup Terlalu Higienis

Memiliki kebiasaan hidup higienis memang merupakan hal yang baik. Namun, apakah Anda pernah berpikir jika ternyata hidup terlalu bersih juga bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan, salah satunya yaitu memicu timbulnya alergi.

Hal ini berhubungan dengan teori hipotesis higiene yang mengindikasikan angka kejadian alergi di negara maju lebih tinggi dibandingkan dengan negara berkembang. Ini sama halnya dengan angka alergi di kota yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan di desa.

Hipotesis higiene merupakan sebuah teori yang menyatakan jika peningkatan kebersihan akan meningkatkan angka kejadian alergi dan penyakit yang berhubungan dengan kekebalan.

Seperti yang dijelaskan oleh Prof Budi Setiabudiawan, Konsultan Alergi-Imunologi Anak RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung, jika kurang terpapar kotoran justru akan membuat sistem kekebalan tidak terlatih. Alasannya, alergi diperantarai oleh sel T helper2 atau Th2 yang tinggi. Anak-anak yang tidak bersih memiliki Th1 yang tinggi, sering terkena infeksi, sehingga hal ini justru menekan Th2 yang membuat mereka menjadi mudah terkena alergi.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak boleh hidup bersih. Tetapi alangkah baiknya Anda tidak terlalu berlebihan dalam menjaga kebersihan. Pasalnya tidak semua bakteri atau mikroba buruk.

Terdapat beberapa jenis bakteri yang memang bisa menyebabkan timbulnya penyakit, atau bahkan mematikan. Akan tetapi, lebih banyak lagi bakteri yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga lingkungan. Jadi, hidup terlalu higienis denan mematikan semua bakteri ternyata tidak selalu baik, karena hal ini memiliki dampak yang cukup mengerikan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *