Bunda, Berikut Cara Jadikan Rumah Anti Alergi

bunda, berikut cara jadikan rumah anti alergi

Melindungi keluarga agar tetap sehat merupakan salah satu hal penting yang menjadi prioritas utama para ibu rumah tangga. Lingkungan rumah yang bersih merupakan salah satu faktor pendukung kesehatan keluarga yang harus tetap di jaga. Karena berbagai bahaya bisa tersembunyi dilingkungan rumah, salah satunya adalah alergi.

Untuk memastikan bahwa keluarga terlindungi dari serangan berbagai jenis alergi yang mungkin menyerang dari dalam rumah, bunda bisa menjadikan rumah sebagai tempat tinggal keluarga anti alergi. Berikut caranya :

Atur Suhu Ruangan

Suhu ruangan di rumah juga dapat memungkinkan kuman dan bakteri menetap danmenyebabkan alergi. Maka untuk itulah sebaiknya Anda menjaga suhu ruangan agar tetap dalam kondisi yang hangat, tidak panas, atau dingin. Suhu yang berlebihan bisa meningkatkan kadar kelembaban udara dan membuat penyebaran alergen cepat terjadi.

Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan syarat utama untuk menghidari serangan segala jenis alergi di rumah. Mulai dari membersihkan kulkas, gagang pintu, tirai jendela, dan yang lainnya hingga mengelap debu-debu yang ada dipermukaan barang-barang yang ada dirumah. Semua hal tersbeut bisa dilakukan untuk menghindarkan agar alergen tidak beterbangandan menyebabkan alergi pada penghuni rumah.

Amankan Makanan

Bakteri dan kuman oenyebab alergi juga bisa menempel pada bahanmakanan yang dikonsumsi atau di olah. Maka dari itu, lindungi kebersihan makanan. Gunakanlah wadah yang tertutup rapat agar makanan yang disimpan dapat terlindungi dari serangan bakteri yang mengancam kesehatan anggota keluarga tercinta.

Jauhi Jangkauan Binatang

Untuk beberapa tempat, seperti kamar tidur atau pun sofa ruang utama harus dijauhkan dari kontak langsung binatang peliharaan yang dapat menjadi salah satu pemicu alergi. Hal ini dilakukan karena jenis bakteri dan kuman bisa saja terbawa oleh binatang peliharaan yang masuk ke dalam rumah, atau bulu-bulu binatang yang menjadi penyebab alergi bisa saja menempel pada perabotan yang ada di rumah.

Taman Dalam Rumah

Menyusun beberapa pot tanaman hijau di dalam rumah merupakan salah satu cara ampuh untuk membersihkan udara dalam rumah dari alergen yang bertebaran di mana-mana. Selain itu, udara juga akan menjadi lebih bersih dan lebih baik. Namun, jangan sampai menyiram tanaman terlalu banyak, karena bisa berdamapk sebaliknya.

Dengan beberapa cara tersebut, bunda bisa menjadikan rumah keluarga menjadi anti alergi dan lebih sehat tentunya. Jika Anda atau salah satu keluarga ada yang memiliki riwayat terhadap alergi tertentu, obat alergi harus selalu tersedia di rumah jika suatu saat reaksi alergi timbul. Semoga bermanfaat.

Posted on Categories Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *