Cara Alami Mengobati Alergi Obat

alergi-obatCara Mengatasi Alergi Obat,- Alergi obat adalah  reaksi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi  secara berlebihan (abnormal) terhadap obat- obatan tertentu yang dikonsumsi. Beberapa jenis  obat termasuk obat yang dijual bebas atau resep  dokter dapat menimbulkan alergi terhadap  seseorang yang sensitif terhadap obat tertentu.  Beberapa tanda alergi obat yang sering muncul  yaitu gatal-gatal, ruam pada kulit, dan bisa juga  demam. Beberapa reaksi alergi obat bahkan dapat  parah dan mengancam jiwa.

Terdapat beberapa ciri atau gejala alergi obat  antara lain :

  • Penyempitan saluran napas dan tenggorokan  yang dapay mengakibatkan sesak
  • Shok, dengan penurunan tekanan darah
  • Nadi cepat dan lemah
  • Mual, muntah dan diare
  • Pusing, rasa melayang atau kehilangan  kesadaran

Anafilaksis jarang terjadi, tetapi kondisi tersebut  merupakan reaksi alergi obat yang paling serius  dan merupakan keadaan darurat medis. Jika  terjadi anafilaksis terhadap suatu obat, itu artinya  sisitem kekbalan tubuh Anda merespon obat  dengan menganggapnya sebagai zat yang  berbahaya. Hal tersebut menyebabkan pelepasan  histamin dan bahan kimia lainnya yang  menyebabkan gejala alergi. Gejala anafilaksis  biasanya muncul dalam beberapa menit setelah  terpapar obat, gejalanya antara lain :

  • Penyempitan saluran napas dan tenggorokan  yang dapay mengakibatkan sesak
  • Shok, dengan penurunan tekanan darah
  • Nadi cepat dan lemah
  • Mual, muntah dan diare
  • Pusing, rasa melayang atau kehilangan  kesadaran

Obat Penyebab Alergi

Terdapat beberapa obat yang berpotensi  menimbulkan alergi, diantaranya :

  1. Antobiotik. Alergi obat antibiotik sering  disebabkan oleh penisilin, antibiotik terkait erat  dengan penisilin dan antibiotik yang mengandung  sulfanamid (alergi sulfa). Anti biotik juga dapat  menyebabkan reaksi nonallergic (reaksi obat  bukan alergi) seperti mual atau diare.
  2. Vaksin. Alergi terhadap vaksin jarang terjadi,  reaksi alergi dapat terjadi setelah vaksinasi.  Dalam kasus-kasus tertentu reaksi alergi dapat  disebabkan oleh vaksin itu sendiri, tetapi lebih  sering disebabkan oleh bahan-bahan lain dalam  vaksi seperti telur atau neomycin. Reaksi  nonallergic terhadap vaksin seperti kemerahan  dan gatal-gatal, namun biasanya tidak parah dan  gejala dapat membaik dengan cepat.
  3. Reaksi Obat Nonallergic. Apa yang tampaknya  menjadi alergi obat sebenarnya merupakan reaksi  yang tidak melibatkan sistem kekbalan tubuh.  Meskipun mungkin tampak seperti alergi, reaksi  obat dapat merupakan efek samping obat atau  tanda-tanda kepekaan terhadap obat, bukan  reaksi alergi. Beberapa contoh obat yang dapat  menyebabkan reaksi nonallergic seperti kontras  X-ray, aspirin dan pereda nyeri lainnya,  antibiotik, serta obat tekanan darah tinggi.

Cara Mengatasi Alergi Obat

Cara mengatasi alergi obat adalah dengan  menghentikan pemakaian obat yang  menyebabkan alergi. Diperlukan juga obat untuk  meringankan gejala atau reaksi serius yang  ditimbulkan oleh obat alergi. Apabila Anda sudah  pernah mengalami alergi obat dan mengetahui  nama obat tersebut jangan pernah meminum  kembali obat tersebut, dan konsultasikan dengan  dokter setiap kali berobat agar obat yang  diberikan tidak mengandung obat yang dapat  menimbulkan alergi.

alergi-tes kulitJika Anda ingin mengetahui apakan Anda  memiliki alergi atau tidak, Anda dapat melakukan  tes kulit (skin test) untuk mencari tahu dengan  pasti. Namun, pada umunya pengujian penisilin  lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan  teskulit untuk alergi terhadap obat lain. Namun, dengan obat alergi QnC Jelly Gamat alergi obat yang Anda alami bisa diatasi secara efektif dan aman tanpa menimbulkan efek samping. Karena terbuat dari bahan alami tanpa adanya campuran bahan kimia sedikitpun.

Semoga informasi cara mengatasi alergi obat diatas dapat bermanfaat dan dapat menjadikan solusi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap obat-obatan tertentu.

28 thoughts on “Cara Alami Mengobati Alergi Obat”

  1. ibu saya setelah operasi mengalami demam tinggi, keluar bintik bintik merah sebadan dan mengalami pembengkangan kemudian setelah diobati spesialis kulit kemudian kulit mengelupas dan ada gatal – gatalnya
    sampai sekarang pun selama 3 bulan ini masih ada gatal dan bintik merahnya, sekarang kulit mukanya seperti menggunakan masker putih tekur dan rambut pun rontok
    apa penyakit ibu saya dan bagaimana obatnya dok?

    1. Sebelumnya ibu Anda telah melakukan operasi apa ? Bisa saja keluhan tersebut merupakan salah satu dampak dari obat anestesi yang digunakan atau juga bisa karena hal lain. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kembali untuk mengetahui penyebabnya. Untuk mengurangi gatal dan bintik merah di kulit, Anda bisa menggunakan QnC Jelly Gamat yang merupakan obat herbal dari teripang emas asli.
      Informasi lengkapnya, silahkan KLIK DISINI.

  2. Kk saiia terkena alergi obat yg d kasih oleh dokter itu gmn cara mengstasinya

    1. Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan respon yang kami berikan.
      Alergi obat bisa diatasi dengan cara menghentikan penggunakan obat yang menjadi pemicu timbulnya reaksi alergi. Namun, jika Anda mengidap penyakit tertentu dan diharuskan untuk tetap mengonsumsi obat, Anda bisa mengatasi alergi tersebut dengan rekomendasi obat herbal QnC Jelly Gamat untuk membantu mengurangi dan mengatasi reaksi alergi yang timbul. Informasi lengkapnya, silahkan KLIK DISINI. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.
      Semoga membantu.

    2. Saya mengalami alergi gatal gatal di jari jari tangan dan timbul merah merah di area telapak tangan. karena tidak cocok dengan salah satu produk Deterjen. Sy sdh banyak memakai obat untuk menghilangkan rasa gatal tp msh tdk sembuh jg.
      Tlong saran nya

      1. Kondisi yang Anda alami bisa disebabkan karena bahan kimia yang terkandung didalam detergen. Anda bisa mengganti detergen yang biasa Anda gunakan setelah mengalami alergi. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami. Untuk informasi lengkap mengenai cara pengobatannya, Anda bisa melihatnya DISINI. Semoga membantu.

  3. maaf dok mau tanya oiya anak saya umur 8 bln kena penyakit gatal2 dan sudah saya bawa ke doter kulit katanya kena alergi obat dan sekarang kondisi anak saya seluruh badan nya melepuh dan di kepala nya sampai keluar nana apa yang harus saya lakukan dok biar anak saya pulih dan sehat kembali trims

    1. Untuk mengatasi anak ibu yang mengalami alergi obat, hentikan pemakaian obat yang diyakini menjadi penyebab alergi dan jangan pernah memberikannya kembali pada anak. Diperlukan juga obat untuk meringankan gejala alergi atau reaksi serius yang ditimbulkan oleh alergi obat. Semoga membantu.

  4. klo alergi obat pada bayi bagaimna cr mengobatinya…bayi saya umur 8bln..stlh brobat dan mnum obat dr puskesmas kluar bintik merah pd tubuh nya..dr blkng kuping hingga badannya..tolong bantu jawabnya.

    1. Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan respon yang diberikan. Untuk mengatasi alergi obat pada bayi sebaiknya hindari memberikan obat yang diyakini menjadi penyebab timbulnya alergi tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi alergi bayi Anda, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan atau tes untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, apakah benar karena obat atau ada penyebab lain yang menyertai. Namun, jika reaksi alergi yang ditimbulnya serius, maka obat alergi juga diperlukan. Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memberikan obat alergi pada bayi, karena tidak semua obat cocok dan aman untuk si kecil. Anda bisa mencoba salah satu produk herbal kami untuk membantu mengatasi gejala alergi yang timbul pada bayi. Untuk informasi lengkapnya, silahkan KLIK DISINI. Semoga membantu.

  5. Saya sdh minum obat untuk menghilangkan alergi nya tapi suka muncul lagi gimana car mengatasinya

    1. Sebelumnya Anda ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan Anda mengalami alergi. Dengan begitu, Anda bisa menghindari faktor pemicu alergi yang Anda alami, sehingga Anda bisa mencegahnya timbul kembali. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang Anda konsumsi, bisa jadi Anda memiliki sensitifitas terhadap obat yang dikonsumsi. Jika alergi masih timbul, Anda bisa mengonsumsi produk herbal QnC Jelly Gamat sebagai salah satu solusi alami untuk membantu mengurangi timbulnya reaksi alergi. Informasi lengkapnya, silahkan KLIK DISINI. Semoga membantu.

  6. Kak.saya habis oprasi melahirkan anak ke 2.dan selang 2 minggu badan q demam tinggi dan priksa ke bidan n dikasih obat.setelah minum obat selang sehari badan q gatal2 dan jahitan oprasi q kok terasa panas n agak nyeri .biasa y hbis oprasi selang seminggu sudah tidak merasakan nyeri…solusinya apa ya kak n bahaya enggak ya

    1. Anda bisa mengonsumsi QnC Jelly Gamat yang merupakan produk herbal dengan bahan dasar teripang emas. Obat ini bisa membantu mengurangi rasa gatal dipermukaan kulit juga meringankan rasa sakit. Selain itu, QnC Jelly Gamat juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka operasi caesar secara alami, karena didalamnya mengandung protein dan kolagen yang tinggi. Selain dikonsumsi secara langsung 2 kali 2 sendok makan setiap pagi dan sore hari, QnC Jelly Gamat ini juga bisa langsung dioleskan pada luka operasi caesar secara rutin. Semoga membantu.

  7. Saya mengalami alergi obat antimo dokk…Stelah minum badan gatal” trus timbul bercak merah berisi air…Dan itu sangat lama sembuhnya…Gimana ya dok cara penanganannya??dan pakai obat apa dok??mohon bantuannya..terima kasih.

    1. Selamat pagi, Andri. Penanganan terbaik alergi gatal berair atau urtikaria akibat alergi yaitu dengan menghindari pemicu alergi yang dalam hal ini adalah obat yang sebelumnya Anda konsumsi. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tertentu, agar Anda bisa mencegah timbulnya alergi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat alergi antihistamin yang telah diresepkan. Disamping itu, kami juga memiliki rekomendasi obat alergi kulit alami gatal berair yang juga efektif, yaitu QnC Jelly Gamat.

      Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa langsing lihat di : Obat Alergi Kulit Gatal Berair.

      Semoga membantu.

  8. Dok sebelum nya saya tidak pernh alergi mknana atau obat2.. tp dalam beberapa bulan ini kalau saya salah mkn tiba2 alergi, dan hari ini juga saya alergi obat.. batuk, berasa berlendir, mata gatan dan bengkak. Dan sudh konsultasi ke dokter diberi obat alergi.

    1. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menghindari makanan atau obat-obatan yang diduga sebagai penyebab alergi. Konsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter secara teratur sesuai dosis yang disarankan untuk membantu mengurangi gejala alergi yang timbul. Semoga lekas sembuh.

  9. Era purba says:

    Maaf sebelumnya, tp saya mo crita dulu klo adek saya baru operasasi kepala,sebagian batoknya hancur karena jatuh dari motor.
    Syukur, operasinya berjalan lancar namun dia kena alergi anti biotik.
    Kasian,kulitnya sampe melepuh dan badannya terasa panas di sertai gatal.
    Pertanyaan saya?
    Apakah obat ini bisa adek saya komsumsi, mengingat kasusnya yg begitu rumit?
    Dan bagaimana reaksi ni obat buat saudara? (bagi yg telah mengosumsi)
    Mohon dijawab.

    1. Selamat siang, Era Purba. Sebelumnya kami turut berempati dengan kondisi yang dialami oleh adik saudara. Obat QnC Jelly Gamat aman dikonsusmi oleh siapapun dan tidak menimbulkan efek samping, mengingat obat herbal ini dibuat dari 100% bahan alami tanpa campuran bahan kimia. Selain dapat membantu mengatasi gejala alergi yang timbul, QnC Jelly Gamat juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi adik Anda. Telah banyak orang yang merasakan khasiat dari QnC Jelly Gamat secara langsung. Dan untuk efektifitasnya sendiri berbeda pada setiap individu tergantung dari stadium penyakit, kondisi tubuh, dosis serta keteraturan konsumsi. Semoga membantu.

  10. Pgi… cus aj, sy jg gitu gk ad pntangan mkanan & obat
    Tpi sebulan lbih stelah operasi cista, sluruh badan terasa sangat gatal yang berlebih (macam bijian berisi cairan bening lengket trus nanah akhirnya bercak) terutama dibagian telapak tangan & ujung jari kaki sampai kulit-kulitnya terkelupas!!!
    Kmaren dikasi sama bidan Paracetamol, Amoxicillin, Dexa & CTM smua 3×1 sempat cocok (bercak mengering & rasa gatal berkurang) sy pikir udah sembuh, eh ternyata muncul lagi…
    Jadi, begitu lah seterusnya (berarti harus minum obat itu mulu…???) 😵😵😵
    Takutnya ada efek jika minum obat ini dalam jangka panjang!
    Mohon solusinya y 😊
    Thank’s

    1. Selamat pagi, Sartika. Sebelumnya apakah Anda mengingat mengapa keluhan tersebut timbul kembali ? Jika reaksi tersebut timbul setelah mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya hentikan pengonsusiannya. Anda bisa membatasi mengonsumsi obat yang telah diresepkan ketika gejala alergi timbul saja. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit mengenai gejala yang Anda alami untuk mengetahui penyebab pastinya serta untuk mencari solusi terbaik untuk mengatasi keluhan yang Anda alami. Semoga membantu.

  11. dian nurdiansyah says:

    Maaf dok saya mau tanya saya pernah minum obat beberapa kali tapi sekarang saya mulai alergi mata saya selalu bengkak dok beberapa hari kedepan mohon minta solusinya dok makasih..

    1. Selamat siang, Dian Nurdiansyah. Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan respon yang kami berikan.

      Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi akibat mengonsumsi obat, yaitu dengan menghentikan penggunaan obat yang diduga menjadi penyebab alergi. Selain itu, untuk mengatasi mata bengkak, Anda bisa menggunakan kompres dingin untuk mengatasi kelopak mata yang bengkak dan gatal ketika terjadi alergi. Selain itu, jika Anda mengidap riwayat penyakit tertentu dan mengharus untuk mengonsumsi obat, maka konsultasikan kepada dokter Anda mengenai kondisi Anda dan juga obat yang aman untuk Anda konsumsi. Semoga membantu.

  12. Mau tanya dok, ibu saya engga sengaja minum obat alergi, trus setelah minum jadi gatal gatal semua tubuhnya, gimana cara ngatasinnya dok.

    1. Selamat pagi, Lulu. Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan respon yang diberikan.

      Untuk membantu mengatasi gatal yang timbul pada kulit ibu Anda, jika disertai dengan bengkak maka Anda bisa mencoba untuk menerapkan kompres dingin pada derah yang gatal dan bengkak. Tempatkan 3-4 es batu dalma kantong plastik dan letakkan pada kulit. Atau Anda juga bisa mencelupkan saputangan katun dalam mangkuyk air dingin dan letakkan di daerah yang terkena.

      Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami, seperti minyak zaitu, lemon, lidah buaya, dan lain sebagainya. Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa langsung kunjungi tautan berikut !

      Tips Mengatasi Alergi pada Kulit dengan Bahan Alami
      Cara Alami Mengobati Gatal di Kulit

      Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu mengatasi keluhan Anda.

  13. rani pujiati says:

    Saya abis meminum obat panadol biru karena kepala saya pusing dan saya juga tampak, setelah saya meminum obat tersebut beberapa menit kemudian tangan, kaki dan sikut saya terasa gatal, bentol seperti tumpukan begitu, apa itu alergi obat apa kenapa ya dok?

    1. Selamat pagi, Rani Pujiati. Gatal-gatal, kemerahan di kulit, dan biduran memang termasuk salah satu gejala alergi obat yang bisa timbul. Dan obat yang Anda konsumsi termasuk salah satu jenis obat pereda nyeri yang bisa menimbulkan reaksi obat nonallergic. Dimana apa yang tampak menjadi alergi obat sebenarnya merupakan reaksi yang tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Walaupun tampak seperti alergi, namun reaksi obat tersebut bisa maerupakan efek samping obat atau tanda-tanda kepekaan terhadap obat, bukan reaksi alergi.

      Untuk mengetahui dengan pasti apakah gejala yang Anda alami merupakan gejala alergi atau bukan, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin perlu melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui apakah Anda mengalami alergi obat atau tidak.

      Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *