Cara Mencegah Timbulnya Alergi

Cara Mencegah Timbulnya Alergi,- Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar atau bahkan mengalami timbulnya bentolan dikulit yang gatal serta tersebar keseluruh bagian tubuh beberapa saat setelah mengkonsumsi makanan tertentu atau setelah bersentuhan dengan benda tertentu. Keluhan atau gambaran tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak manifestasi penyakit alergi yang sering dijumpai. Lalu, bagaimana cara mencegah alergi agar tidak kambuh ?
Disini kami akan berbagi tips bagaimana cara mencegah timbulnya alergi. Namun, sebelum membahas mengenai cara mencegah alergi, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu alergi.

Apa itu Alergi ?

alergi-bulu-kucingAlergi merupakan respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekbalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu substansi tertentu yang umumnya tidak berbahaya bagi lingkungan. Substansi tersebut biasa disebut dengan alergen, misalnya jamur, serbuk sari, makanan tertentu, bulu binatang, dan lain-lain. Alergen tersebut dapat bertindak sebagai antigen pada orang tertentu. Bahan- bahan tersebut masuk kedalam tubuh melewati paru-paru atau saluran pencernaan kemudian menerobos masuk kedalam jaringan, disitulah meraka merangsang pembentukan antibodi. Akibat bertemunya antigen dan antibodi itulah yang merusak jaringan yang bersangkutan dan menimbulkan gejala atau keluhan alergi.

Alergi dapat terjadi pada semua kalangan usia, baik pada mereka yang mempunyai bakat alergi maupun tidak/nonalgenik. Pada anak-anka yang paling sering ditemukan adalah asma bronkiale. Sedangkan alergen yang paling sering menyerang anak-aak yaitu tepung sari, debu rumah, air liur hewan, dan makanan.

Cara Mencegah Timbulnya Alergi

Cara mengatasi timbulnya alergi pada dasarnya yaitu dengan menghindari bahan- bahan yang menjadi penyebab timbulnya atu kambuhnya alergi (alergen). Namun, terkadang cukup sulit untuk melakukan hal intu, karena terkadang alergi timbul tanpa kita ketahui apa penyebabnya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya alergi :

  1. Jaga kebersihan lingkungan, baik didalam maupun diluar rumah. Misalnya tidak menumpuk banyak barang didalam rumah atau kamar yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi. Usahakan jangan menyimpan kandang hewan peliharaan didalam rumah atau disekitar rumah.
  2. Jika Anda alergi terhadap bulu hewan, jangan biarkan hewan berbulu masuk kedalam rumah.
  3. Perhatikan pula kebersihan diri, tumpukan daki dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi alergi.
  4. Jangan menggunakan pewangi ruangan atau parfum dan obat anti nyamuk. Jika didalam rumah terdapat banyak nyamuk, dapat menggunakan raket anti nyamuk untuk mengatasinya.
  5. Gunakan kasur atau bantal dari bahan busa, bykan kapuk.
  6. Gunakan seprei dari bahan katun dan cucilah minimal seminggu sekali dengan menggunakan air hangat akan lebih efektif.
  7. Hindari menggunakan pakaian dari bahan wool atau dari bahan bulu.
  8. Gantilah permadani atau gorden berat yang menangkap dan menyimpan debu dengan tirai yang dapat dicuci dan permadani dari katun.
  9. Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin atau lebih dari pukul 24.00.
  10. Awasi dan hindari setiap makanan dan minuman maupun obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi alergi Serta harus mematuhi aturan diet alergi.
  11. Konsultasi dengan spesialis. Alergi yang muncul membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pada masing-masing penderita.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari timbulnya alergi Anda. Selain itu, ketika reaksi alergi timbul, obat antialergi QnC Jelly Gamat juga bisa menjadi solusi yang efetkif dan juga aman untuk mengatasi reaksi alergi yang timbul. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Posted on Categories Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *