Cara Mengatasi Alergi Di Muka Akibat Kosmetik

biang-keringat-di-wajah-530x335pengobatanalegi.com,- Kulit wajah merupakan  salah satu bagian yang sensitif dan mudah  mengalami iritasi terhadap beberapa faktor,  seperti faktor cuaca, alergi terhadap makanan  tertentu, dan berbagai bahan kimia yang  terdapat dalam produk kosmetik. Hal tersebut  dapat menimbulkan berbagai maca reaksi,  seperti ruam merah, bentol-bentol, binitk-bintik  kecil, jerawat, wajah menghitam, dan  sebagainya. Kulit yang terserang alergi  sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi.  Tapi jika tidak terbiasa dengan kondisi seperti  itu, justru penderita malah panik dan khawatir  sehingga reaksi alergi tersebut dapat bertambah  parah, sulit untuk diobati dan berlangsung  dalam waktu yang lama. Reaksi alergi yang  muncul dapat menunjukkan reaksi tubuh yang  berlebihan terhadap suatu zat atau benda yang  dianggap asing yang masuk kedalam tubuh.

Alergi pada wajah yang trjadi akibat alergi dapat  disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya  kesalahan dalam memilih cream kosmetik,  pemakaian kosmetik yang telah kadaluarsa atau  kosmetik yang mdigunakan mengandung  bahan yang tidak cocok dengan tipe kulit  penderita. Atau juga dapat disebabkan karena  pemakaian kosmetik yang mengandung bahan  kimia yang berbahaya. Sebelum memilih  kosmetik sebaiknya kita harus mengetahui  terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang  dapat reaksi alergi, sehingga dapat  menghindarinya. Selain itu juga kita harus  mengetahui jenis dari kulit kita agar bisa  memilih kosmetik yang sesuia dengan jenis kulit  kita.

Beberapa gejala yang timbul ketika terjadi reaksi  alergi pada wajah ialah wajah menjadi  memerah, bentol-bentol, dan terkadang muncul  rasa gatal yang cukup hebat. Reaksi alergi pada  muka biasanya terjadi secara cepat setelah  beberapa jam terpapar  oleh pencetus alergi atau  bahkan kurang dari itu.

Menurut Ahli penata rias, Amri Mukhi  mengatakan bahwa alergi pada wajah dapat  diatasi dengan menggunakan es batu yang  bertujuan untuk mendinginkan kulit, dan  kemudian hindari kosmetik untuk sementara.  Selain dengan menggunakan es batu, cara  mengatasi alergi dimuka akibat kosmetik juga  dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut :

  • Tetap tenang dan tidak panik
  • Lihat dan baca aturan penggunaan kosmetik  yang Anda pakai
  • Minum obat antialergi yang biasa dikonsumsi
  • Hentikan pemakaian kosmetik sementara waktu
  • Konsumsi banyak makanan yang mengandung  banyak vitamin E untuk menyegarkan kembali  kulit sekaligus sebagai antioksidan. Beberapa  makanan yang mengandung banyak vitamin E  diantaranya almond, walnut, kacang, zaitun,  dan sebagainya.
  • Perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas  per hari atau air mineral lainny ayang berfungsi  untuk menetralisir racun yang ada didalam  tubuh.
  • Jaga kebersiha kulit wajah dengan mencuci  wajah setiap hari dengan cara menggunakan  kain lembut yang telah direndam dengan air  hangat (cara kompres).
  • Hindari paparan sinar matahari dan debu yang  dapat memperburuk iritasi pada kulit wajah.
  • Gunakan masker pepaya dengan cara  menghaluskan daging buah pepaya yang masih  mengkal, kemudian diamkan selama 15 sampai  20 menit lalu bilas.

Selain dengan menerapkan tips diatas, Anda  juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan  dokter spesialis mengenai reaksi alergi yang  terjadi untuk mendapatkan penanganan yang  tepat serta konsultasikan juga mengenai  kosmetik yang cocok untuk Anda gunakan agar  dapat terhindar dari alergi . Atau Anda juga bisa memanfaatkan QnC Jelly Gamat untuk mengatasi alergi dimuka akibat kosmetik secara alami dan juga efektif.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan  sebagai salah satu cara mengatasi alergi di muka  akibat kosmetik. Semoga dapat memberikan  manfaat yang menjadikan kita lebih berhati- hati dalam memilih produk kosmetik sebagai  upaya untuk mencegah terjadinya alergi yang  mungkin akan timbul.

18 thoughts on “Cara Mengatasi Alergi Di Muka Akibat Kosmetik”

  1. Mau tanya?
    Saya pakai pelembab x baru 2 minggu. Sekarang muka saya banyak bentol-bentol seperti jerawat, trus gatal. Solusinya agar cepat hilang gimana?

    1. Sebaiknya Anda hentikan pemakaian pelembab yang diduga menjadi penyebab timbulnya bentol-bentol tersebut. Untuk mengatasi keluhan gatal-gatal, Anda bisa mengonsumsi obat antihistamin. Pastikan Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter serta perhatikan komposisi yang terkandung didalamnya sebelum memutuskan untuk memilih pelembab. Karena pelembab yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda kemungkinan akan menimbulkan dampak negatif pada kulit Anda. Semoga membantu.

  2. sity khdjh says:

    saya pernah pake cream x trus beberapa saat saya merasakn gatal dan merah di wajah sya,dan sdh 3 minggu ini alergi saya belum hilang2 smpe sekarang. tips untuk menghilangkannya bgmn yah?

    makasih

    1. Segera hentikan penggunaan cream yang Anda gunakan dan konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan yang Anda alami, apakah itu disebabkan karena alergi atau gangguan lain, sehingga dapat mengatasinya dengan tepat. Jika disebabkan karena alergi, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat alergi yang beredar diluar atau obat alergi herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% bahan alami serta aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, QnC Jelly Gamat juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Semoga membantu.

  3. Sy mngalami gatal dan ruam merah pd leher setelah skitar seminggu mggunakan krim racikan,,,bgmn solusi nya.trimaksh

    1. Selamat siang, Eni. Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan respon yang diberikan. Untuk mengatasi alergi yang ditimbulkan akibat kosmetik, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menghentikan pemakaian kosmetik yang diduga menjadi pemicu timbulnya alergi. Selanjutnya Anda bisa mengonsumsi obat antialergi yang dijual secara bebas. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat alergi herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% bahan alami serta kaya akan khasiat untuk membantu mengatasi gatal dan ruam merah akibat alergi. Semoga membantu.

  4. saya pernh memakai cream x.pas 1-2 minggu tidk ada reaksi apa”,tp stlah itu mata saya bengkak dan bintik” merah.san skrang klopak mata saya jg hitam sperti terbkar.prtanyaan sya bagaimana cara untuk menghilangkan bekas seperti trbakar ini?

    1. Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan respon yang kami berikan. Apakah saat ini Anda masih menggunakan cream tersebut ? Jika iya, segera hentikan penggunaannya. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan secara alami, yaitu dengan banyak minum air putih, mengonsumsi buah-buahan yang mengadnung vitamin C dan vitamin E. Selain itu, hindari paparan sinar matahari langsung dan juga debu atau kotoran yang bisa memperburuk kondisi Anda.

      Jika Anda ingin lebih praktis dan efektif, Anda bisa mengonsumsi QnC Jelly Gamat yang dapat membantu mengatasi alergi akibat kosmetik. Selain diminum, QnC Jelly Gamat juga bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk membantu mengurangi bekaas luka seperti terbakar yang dialami.

      *Disclaimer : Keefektifan dan reaksi produk akan berbeda pada setiap individu tergantung dari kondisi tubuh, keparahan penyakit, serta keteraturan minum.

      Semoga membantu.

  5. Saya mau Tanya ,saya pernah memakai cream tapi itu sudah lama sekali ,Tiba” baru sekarang keluar bentol tapi tidak gatal.itu kenapa ya.

    Terimakasih

    1. Selamat pagi. Sebelumnya, apakah Anda masih menggunakan cream tersebut hingga saat ini ? Jika Anda masih menggunakannya, kemungkinan itu merupakan salah satu reaksi dari cream yang Anda gunakan tersebut. Sebaiknya segera hentikan pemakaian cream agar gejala tidak semakin parah. Namun, jika Anda sudah menghentikan penggunaannya sejak lama, kemungkinan gejala yang Anda alami disebabkan oleh faktor lain. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit. Semoga membantu.

  6. Ratih christini says:

    Saya mau tanya, wajah saya mengalami pembengkakan serta gatal dan memerah alibat lulur x. Bagaimana cara mengatasinya?

    1. Selamat pagi, Ratih. Sebelumnya, sebaiknya Anda hentikan penggunaan lulur yang diduga menjadi pemicu pembengkakan pada wajah Anda. Jangan menggosok, menggaruk, menggunakan scrub, lulur, atau masker pada kulit yang mengalami pembengkakan. Jika pembengkakan tersebut disebabkan karena alergi yang terdapat pada kandungan yang ada didalam lulur, Anda bisa mengonsumsi obat alergi untuk mengurangi gejala yang timbul. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin E dan perbanyak minum air putih.

      Jika masih belum ada perubahan terhadap kondisi wajah Anda, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Atau Anda juga bisa memanfaatkan QnC Jelly Gamat untuk mengatasi alergi dimuka secara alami dan juga efektif.

      Semoga membantu.

  7. Tolong di bantu ka,,
    Saya pake foundation,ternyata faoundation itu sudah kadaluarsa,sekarang pipi dan jidad gatal bintik merah,sembuhnya gmana ya ka
    Makasih

    1. Selamat siang, Margi.
      Untuk membantu mengatasi kulit wajah yang gatal dan bintik merah, Anda bisa menggunakan masker bahan alami, seperti salah satunya masker pepaya. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah dengan mencuci wajah setiap hari dengan menggunakan kain lembut yang telah direndam dengan air hangat (cara kompres).

      Hindari juga paparan sinar matahari dan debu secara langsung. Hal ini dapat memperburuk kondisi iritasi pada kulit wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan QnC Jelly Gamat sebagai masker alami untuk membantu mengatasi kulit gatal dan bintik merah secara efektif.

      Semoga membantu.

  8. Saya lagi pake masker x dan toner x udah hampir mau satu bulan ini, maksudnya mau mengecilkan pori pori, tapi baru kemarin liat pipi kiri saya ada bentol bentol kecil tapi ga banyak dan tidak gatal, itu karna alergi makser tersebut atau apa ya? Dan bagaimana solusinya?

    1. Selamat siang, Merlin. Kondisi yang Anda alami bisa disebabkan oleh penggunaan masker tersebut ataupun diakibatkan oleh hal lain. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter. Namun, jika kondisi tersebut diketahui diakibatkan oleh masker yang digunakan, sebaiknya segera hentikan penggunaannya.

      Untuk membantu meredakan alergi yang timbul, Anda bisa meamnfaatkan es batu yang bertujuan untuk mendinginkan kulit. Juga hindari paparan sinar matahari dan debu yang dapat memperburuk iritasi pada kulit wajah Anda. Perlu diingat, jangan menggosok, menggaruk, menggunakan scrub atau lulur ataupun masker pada bagian kulit yang mengalami alergi.

      Jika gejala tidak kunjung hilang, maka sebaknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga membantu.

      Artikle terkait : Solusi Obat Herbal untuk Atasi Ruam di Wajah Karena Alergi

  9. Riska pede says:

    Setahun yang lalu saya pakai masker x (masker tissu yang ditempelkan diwajah ) setelah beberapa jam wajah saya jadi bengkak , merah, dan timbul bintik2 begitu, bengkaknya parah sampai mata saya menyipit. Setelah pemakain itu, saya hentikan semua pemakaian produk kosmetik apapun diwajah saya, namun setelah hampir setahun, saya mencoba memakai salah satu produk facial treatment yang terkenal , saya pikir tidak akan ada efek negativ lagi karena sudah setahun yang lalu berlalu. Tapi setelah saya pakai, kok malah bengkak lagi yah, wajah saya merah dan lebam begitu. Oh iya, setahun yang lalu sebelum pakai masker x itu, wajah saya normal2 saja dan tidak pernah alergi pakai apapun. Itu kenapa bisa begitu mba yah? Apa wajah saya jadi sensitif selamanya? Terima kasih.

    1. Selamat pagi, Riska Pede.

      Tidak semua jenis produk kosmetik atau perawatan kecantikan bisa cocok dengan semua orang. Maka dari itu, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah kita memiliki alergi terkait dan juga kita bisa mengetahui produk apa sajakah yang aman dan tidak aman untuk digunakan.

      Kondisi yang Anda alami bisa saja disebabkan karena kandungan zat kimiayang terkandung didalam masker atau yang digunakan selama perawatan facial. Beberapa zat memang dapat menimbulkan dampak pada sebagian orang, terutama yang memiliki kulit sensitif.

      Untuk mencegah timbulnya kembali alergi pada wajah akibat penggunaan kosmetik, sebaiknya gunakan perawtan wajah alami seperti menggunakan masker buah untuk menghilangkan segala gangguan yang timbul pada wajah. Selain itu, pilihlah kosmetik yang tidak mengadnung bahan kimia yang dapat memicu alergi jika Anda memang memerlukan kosmetik.

      Semoga informasi dari kami bisa bermanfaat dan membantu mengatasi keluhan Anda.

      Artikel terkait :

      Penyakit Alergi Kosmetik pada Kulit Wajah
      Aturan Memilih Makeup yang Aman Bagi Penderita Alergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *