Debu Pertanian Lindungi Anak dari Alergi

Para peneliti telah lama menemukan bahwa hidup di daerah pertanian dapat melindungi anak-anak dari alergi. Sekarang rahasia tersebut telah ditemukan, yaitu terletak pada debu.

debu pertanian lindungi anak dari alergiProfesor Kedokteran Paru di Ghent University, Bart Lambrecht mempublikasikan hasil peneniliannta di sebuah jurnal ilmu pengetahuan Amerika Serikat bahwa debu mampu membantu melindungi anak dari asma. Sebenarnya debu pertanian memiliki peranan penting pada alergi dan asma. Hal tersebut telah dilakukan tes pada tikus dengan mengambil ekstrak debu dari Jerman dan Swiss.

Tes tersebut membuktikan bahwa debu sepenuhnya melindungi tikus sehingga terhindar dari tungau yang merupakan penyebab alergi paling umum pada manusia. Debu pertanian juga membuat pernapasanterlindungi, karena tubuh manusia menghasilkan protein yang dinamakan dengan A20. Protein tersebut di dukung oleh zat yang terkandung dalam debu.

Ketika para peneliti memeriksa sekelopmpok yang terdiri dari 2.000 orang yang besar di pertanian, mereka menemukan bahwa sebagian besar dari mereka tidak mengalami alergi atau asma. Mereka yang masih rentan terhadap alergi dan asma ternyata tidak memiliki protein perlindungan yang sempurna.

“Menemukan bagaimana debu pertanian menyediakan jensi perlindungan seperti ini benar-benar menempatkan kita pada jalur yang tepat untukmengembangkan sebuah vaksin asma dan terapi-terapi baru untuk alergi”, ungkap Hammad. Namun, masih dibutuhkan beberapa tahun penelitianssebelum vaksin tersbeut tersedia untuk para pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *