Hal yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Bebas Alergi Tungau

Hal yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Bebas Alergi Tungau,- Alergi tungau debu merupakan salah satu jenis alergi yang tidak mengenal musim dan cukup banyak diderita oleh masyarakat selain alergi makanan. Alergi tungau disebabkan karena binatang kecil beranma tungau yang sering menempel dan mengisap darah manusia.

Gigitan tungau akan menimbulkan bengkak kemerahan yang gatal dan jika digaruk secara terus menerus dapat menyebabkan lecet dan terasa perih. Kotoran tungau mengandung protein dan ketika dihirup atau disentuh oleh mereka yang alergi maka dapat mendorong produksi antibodi. hal ini menyebabkan pelepasan bahan kimia yang disebut antihistamin dalam jumlah yang sangat banyak. Hal ini akan berdampak pada timbulnya pembengkakan dan iritasi pada saluran pernapasan sehingga penerita akan sulit bernapas.

Gejala alergi tungau debu mirip dengan alergi serbuk sari, namun sering terjadi sepanjang tahu, bukan hanya musiman. Untuk pengobatannya sendiri bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan, seperti antihistamin, dekongestan, obat alergi tungau debu, hingga semprot hidung.

Namun, selain itu ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan alaergi tungau, yaitu :

*) Perhatikan kelembaban ruangan

Kontrol kelembaban ruangan dengan membuka jendela setiap hari agar cahaya dan udara dapat masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, maka akan terajdi pergantian udara kotor dan bersih dari dalam ke luar rumah. Atau Anda juga bisa menggunakan alat penyejut seperti air conditioner (AC).

*) Menjaga kebersihan rumah

Bersihkan filter AC lebih sering, ganti seprai dan gorden secara rutin. Pastikan Anda selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal agar bebas dari debu dan jamur. Usahakan pula agar sinar matahari masuk ke dalam rumah.

*) Jemur kasur dan rawat perlengkapan tidur

Tungau sering kali ditemukan di kasur. Maka dari itu, jemur kasur di bawah sinar matahari minumal 3 minggu sekali. Selain itu, gunakan air panas untuk mencuci perlengkapan tidur seperti seprai dan bed cover.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan jika ingin bebas dari alergi tungau. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menghilangkan tungau di rumah Anda.

Posted on Categories Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *