Hewan Peliharaan Lucu yang Aman Bagi Anak yang Alergi

Hewan Peliharaan Lucu yang Aman Bagi Anak yang Alergi,- Memberikan hewan peliharaan pada si kecil memang bisa mengajarkan dia arti sebah tanggungjawab. Namun, terkadang hal tersebut menjadi beban tersendiri ketika Anda mengetahui jika si kecil memiliki alergi terhadap hewan peliharaan. Sehingga mereka tidak diizinkan untuk mengadopsi hewan peliharaan.

Namun, bukan berarti anak yang memiliki alergi tidak bisa memilihi hewan peliharaan. Si kecil tetap bisa meiliki hewan peliharaannya sendiri. Tapi, perlu diingat, bunda harus memperhatikan jenis hewan yang aman untuk anak yang alergi.

Hindari memilih hewan yang dapat memicu timbulnya alergi pada anak, seperti kucing dan anjing. Kucing dan anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang dapat memicu timbulnya alergi. Namun, bunda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa pilihan hewan peliharaan lucu yanga man bagi anak yang alergi :

Hamster

Hamster merupakan hewan peliharaan yang pintar dan mudah diajari. Usianya bisa bertahan sekitar 1 hingga 3 tahun. Hewan ini memang termasuk mamalia yang memiliki potensi alergi seperti anjing dan kucing. Namun, karena ukuran mereka yang jauh lebih kecil, sehingga memproduksi alergen yang lebih sedikit.. Jadi, hamster bisa jadi salah satu pilihan yang aman bagi anak yang alergi.

Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak disukai oleh anak kecil. Memelihara ikan tidak akan memicu kekambuhan pada anak yang alergi. Hal ini disebabkan karena ikan diletakkan di dalam akuarium yang memberi jarak antara anak dengan hewan peliharaannya.

Walaupun begitu, orangtua juga harus rajin membersihkan akuariumnya. Karena jika tidak bersih, jamur bisa timbul di akuarium dan sporanya berhembus ke udara yang bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Reftil dan Amfibi

Walaupun tidak selucu anjing dan kucing, namun reptil dan amfibi juga bisa menjadi hewan peliharaan yang eksotis dan menyenangkan. Selain itu, mereka juga tidak memiliki bulu yang bisa memicu kekambuhan alergi anak.

Namun, jika bunda memilih kura-kura sebagai hewan peliharaan bagi si kecil, Anda harus sedikit berhati-hati dalam merawatnya. Pasalnya, jika tidak dirawat dengan benar, kura-kura juga bisa membawa virus salmonella.

Burung Parkit atau Kenari

Salah satu alternatif hewan peliharaan lucu yang bisa bunda berikan pada si kecil yang alergi adalah burung. Mereka bisa bertahan hidup sekitar 10-15 tahun. Orang yang alergi terhadap kucing dan anjing jarang memiliki masalah pada burung spesies ini. Selain itu, ukurang kedua hewan ini kecil. Sehingga meminimalisir potensi kambuhnya alergi pada anak.

Jadi, kini bunda tidak perlu khawatir lagi untuk memberikan hewan peliharaan pada anak yang alergi. Dengan beberpa pilihan hewan peliharaan lucu yang aman bagi anak yang alergi tersebut, bunda tidak perlu khawatir jika alergi yang si kecil idap kambuh. Namun, bunda harus tetap waspada dan hindari si kecil dari faktor penyebab alergi lainnya.

Artikel Terkait :

Alergi Hewan Peliharaan
Bahaya Bulu Kucing Bagi Kesehatan

Posted on Categories Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *