Jangan Salah! Inilah Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi

Jangan Salah! Inilah Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi,- www.pengobatanalergi.com – Ketika kulit mengalami ruam kemerahan atau gatal, mungkin banyak yang bertanya apakah hal tersebut disebabkan karena kulit kita yang sensitif atau akibat alergi? Pasalnya, alergi dan kulit sensitif memiliki gejala yang cenderung mirip.

Walaupun begitu, ternyata keduanya merupakan kondisi yang berbeda. Secara spesifik, alergi bereaksi terhadap penggunaan suatu produk, seperti krim perawatan wajah, rambut, dan cat kuku, atau bahan-bahan lain yang mengalami kontak langsung dengan kulit.

Sedangkan pada kondisi kulit sensitif, masalahnya bukan pada bahan atau produk tertentu, tetapi umumnya seberapa banyak atau seberapa sering penggunaannya. Sebagai contoh, efek penggunaan produk yang secara khusus mengandung zat asam.

Anda mungkin akan merasa baik-baik saja setelah menggunakan serum vitamin C 10%, tetapi ketika serum tersebut ditambah menjadi 20%, maka kulit bisa mengalami iritasi. Anda tidak sepenuhnya alergi terhadap bahan-bahan tersebut, melainkan mengalami iritasi. Dengan formula yang berbeda, mungkin tidak akan menimbulkan dampak yang serius.

Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi

Mengetahui Perbedaan Kulit Sensitif dan Alergi

Kulit sensitif memiliki hubungan dengan alergi. Ketika dokter mendiagnosis kulit seseorang sensitif, maka penyebabnya bisa banyak. Tetapi penyebab dengan porsi paling besar yaitu alergi. Jadi, sebenarnya alergi itu bisa jadi penyebab kulit menjadi sensitif. Penyebab lain kulit sensitif yaitu kulit kering yang bisa memicu kulit sensitif.

Selain alergi, kulit sensitif juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, yaitu faktor lingkungan seperti perubahan musim, pendingin ruangan, mandi terlalu sering, dan membiarkan kulit tidak cukup kering setelah mandi akan membuat kulit lebih kering dan lebih rentan terhadap gatal.

Selain itu, sabun yang wangi, bubuk pembersih, dan tisu berbahan dasar alkohol juga bisa menimbulkan masalah kulit sensitif. Selain faktor tersebut, ternyata kulit sensitif juga bisa berasal dari faktor keturunan.

Baca juga : Obat Alergi Kulit Karena Cuaca Dingin yang Aman

Untuk mencegah kulit menjadi sensitif kita bisa melakukan beberapa hal, seperti diantaranya :

  • Cuci alas tidur secara teratur untuk menjaga tungau dan debu.
  • Pilih seprai yang terbuat dari kain alami, karena bayi akan bersentuhan dengan kain untuk waktu yang lama di malam hari.
  • Gunakan produk deterjen yang aman bagi kulit sensitif.

Selain itu, kulit sensitif juga memerlukan perawatan lebih karena kulit mudah terpengaruh oleh kemerahan dan alergi. Disarankan agar pemilik kulit sensitif untik menggunakan produk-produk dan aksesoris yang netral dan hypo-allergy. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *