Ketahui Hal Berikut Sebelum Mewarnai Rambut Pertama Kali

Ketahui Hal Berikut Sebelum Mewarnai Rambut Pertama Kali,- Mewarnai rambut menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merubah penampilan menjadi lebih menarik sesuai dengan apa yang diinginkan. Tampil beda dan menambah daya tarik merupakan tujuan dari sebagian besar orang melakukan perubahan pada warna rambutnya.

Namun, bagi Anda yang baru pertama kali mewarnai rambut mungkin akan merasa khawatir, apakah cara ini aman untuk dilakukan ? Mengingat ada banyak kandungan bahan kimia pada cat rambut yang bisa memicu timbulnya berbagai gangguan pada kesehatan, khususnya pada kesehatan rambut dan kulit kepala.

Namun, jika Anda berniat untuk mencoba mewarnai rambut, ketahui hal berikut sebelum mewarnai rambut pertama kali :

*) Cari tahu

Sebelum memulai mewarnai rambut, carilah contoh warna rambut yang cocok dengan kulit Anda. Anda bisa mencari foto-foto selebriti yang warna kulitnya sama dengan Anda dan lihatlah warna rambut apa yang cocokd engan mereka. Dengan begitu, maka Anda tidak kaget dengan hasilnya nanti.

*) Lakukan di rumah

Penata rambut Cynthia Alvarez, menjelaskan jika Anda ingin mewarnai seluruh rambut dengan satu warna saja, maka tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut di rumah. Menurutnya, mewarnai rambut sendiri di rumah telah dilakukan sejak 20 tahun terakhir.

Menurutnya, jika Anda ingin warna rambut terang atau ombre, maka menggunakan cat rambut yang dibeli di supermarket bukanlah pilihan terbaik. Namun, jika Anda menginginkan warna rambut yang lebih gelap, maka hal tersebut akan lebih praktis dan ekonomis jika dilakukan di rumah.

*) Jangan keramas

Cynthia menyarangkan, usahakan jangan keramas sebelum mewarnai rambut. Justru biarkan rambut dalam keadaan kotor karena kondisi tersebut adalah kondisi yang paling ideal untuk mewarnai rambut.

Minyak alami pada kulit kepala berfungsi sebagai penyangga antara kulit kepala dan bahan pewarna rambut. Jadi, sebaiknya tidak perlu keramas minuman sehari sebelum proses pewarnaan.

*) Siapkan persediaan cat rambut

Saat pertama kali mewarnai rambut sendiri di rumah, sebaiknya belilah pewarna rambut lebih dari 2 botol. Hal tersebut dimaksudkan untuk berjaga-jaga agar proses pewarnaan berjalan dengan lancar.

Anda tentu tidak mau jika ada bagian rambut yang tidak diwarnai karena pewarna rambutnya habis. Maka dari itu, sebaiknya siapkan persediaan cat rambut lebih banyak karena hampir semua wanita menyepelekan ketebalan rambutnya.

Baca juga : Obat Herbal Alergi Cat Rambut

*) Perhatikan tekstur cat rambut

Jika ingin mewarnai rambut sendiri, gunakanlah cat rambut yang bertekstur gel atau cair. Dibandingkan dengan cat rambut yang bertekstur busa atau foam, formula cat rambut gel atau cair ini dirancang untuk menutupi warna rambut asli lebih merata pada setiap helai rambut.

*) Warnai rambut perlahan

Bagi Anda yang memiliki rambut keriting, lakukan pewarnaan secara perlahan agar tidak berpengaruh pada tekstur rambut. Jika pewarnaan tersebut dilakukan dengan tepat, maka rambut yang diwarnai akan tetap keriting. Namun, Cynthia menyarankan agar tetap berhati-hati dalam proses pewarnaan tersebut karena bisa maenyebabkan kerusakan tekstur rambut.

Ia menjelaskan, semakin besar berbedaan warna rambut asli dengan warna rambut yang diinginkan, maka elastisitas rambut juga akan berkurang meski untuk sementara waktu.

*) Perawatan rambut

Rambut yang diwarnai juga memerlukan perawatan yang ekstra. Setidaknya gunakan kondisioner seminggu sekali kemudian bungkus rambut dengan plastik pembungkus rambut (shower cap) dan diamkan rambut selam 20 menit. Ia juga menyarankan untuk menggunakan minyak rambut seperti essential oil atau minyak zaitun setelah keramas.

*) Gunakan sampo khususnya

Setelah mewarnai rambut, gunakanlah sampo yang memang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Sampo khusus tersebut tidak mengandung bahan kimia seperti sulfat dan memiliki perlindungan ringan untuk mencegah warna rambut memudar.

Selain memperhatikan beberapa hal diatas, Anda juga sebaiknya melakukan tes alergi sebelum mewarnai rambut. Ini dilakukan untuk memastikan apakah cat rambut yang digunakan dapat memicu alergi atau tidak.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui sebelum mewarnai rambut pertama kali. Selain memperhatikan keindahannya, Anda juga harus memperhatikan keamanan serta kesehatan rambut dan kulit kepala saat mewarnai rambut. Lakukan beberapa hal tersebut agar selain mempercantik diri, aktivitas mewarnai rambut juga aman bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *