Konsumsi Ini saat Hamil Agar Anak Tak Lahir Alergi

Konsumsi Ini saat Hamil Agar Anak Tak Lahir Alergi,- Alergi adalah kondisi diman asistem kekebalan tubuh memberikan respons berlebihan terhadap bahan yang disebut alergen (zat penyebab alergi). Salah satu penyebab alergi yang paling umum adalah makanan.

Kondisi ini memiliki kecenderungan diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Jika ayah atau ibu memiliki alergi, maka anak kemungkinan juga terkena alergi. Anak yang memiliki orangtua alergi juga semakin berisiko tinggi jika dilahirkan melalui operasi caesar. Pasalnya, pada aank yang lahir melalui operasi caesar, bisa jadi ada gangguan flora normal baik secara jumlah ataupun kualitasnya.

Untuk mencegah timbulnya alergi pada anak, ibu hamil perlu meningkatkan asupan makann yang bergizi. Di masa lalu, masyarakan menganut kepercayaan bahwa ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan yang sering menyebabkan alergi, seperti ikan, telur, atau kacang agar nantinya bayi tidak mengidap alergi.

Namun, berbagai penelitian membuktikan bahwa membatasi konsumsi makanan tersebut tidak membuat bayi terhindar dari alergi. Sebaliknya, membatasi makanan justru menimbulkan risiko ibu kekurangan mikronutreien yang penting untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Berbagai kandungan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3 pada ikan atau folat pada kacang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Sehingga ibu hamil tidak perlu menghindari makanan pemicu alergi. Kecuali jika ibu memang mengidap alergi terhadap makanan tersebut.

Selain itu, ibu yang memiliki alergi atau ibu dengan suami yang memiliki alergi disarankan untuk mengonsumsi probiotik. Hal ini bisa membantu mencegah timbulnya alergi pada bayi.

Mengonsumsi probiotik saat hamil. ketika persalinan normal tidak bisa dilakukan akibat kondisi tertentu, dan ibu harus melahirkan melalui operasi caesar, alergi pada bayi bisa dihindari. Terlebih lagi jika ayah dan ibu, salah satu atau keduanya memiliki riwayat alergi.

Diketahi, probiotik memiliki efek perlindungan terhadap alergi. Namun, hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut. Logikanya, probiotik dikenal sebagai penyeimbang bakteri yang hidup dalam usus dan saluran pencernaan. Padahal, bakteri dalam usus dan saluran pencernaan ini yang memegang kendali kesehatan sistem kekebalan, sehingga konsumsi probiotik dianggap mampu membantu menopang sistem imun yang sehat.

 

Baca juga :

Pengobatan Alergi untuk Ibu Hamil
Penyakit Alergi pada Ibu Hamil
Tips Mengatasi Alergi Selama Masa Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *