Macam-Macam Penyakit Alergi Pada Kulit

alergi kulitMacam-Macam Penyakit Alergi Pada Kulit,- Iritasi dan gatal-gatal dikulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti panas, masalah pada sistem imun tubuh, pengobatan dan infeksi. Tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan, beberapa jenis penyakit gatal-gatal dikulit dapat merupakan manifestasi dari penyakit yang mungkin luput dari perhatian. Seperti adanya proses peradangan pada kulit, alergi, infeksi, jamur, dan lain-lain. Namun, yang akan kita bahas saat ini adalah mengenai alergi. Alergi gatal kulit merupakan salah satu gejala yang dapat timbul saat alergen (bahan penyebab alergi) memicu reaksi sistem imun. Berikut ini merupakan macam-macam penyakit alergi pada kulit, yaitu sebagai berikut :

Dermatitis

alergi kulit-dermatitisDermatitis merupakan peradangan pada kulit dan salah satunya disebabkan oleh alergi. Alergi gatal dikulit pada penyakit ini terjadi apabila terjadi  kontak secara langsung antara kulit dengan alergen, sehingga terjadi gatal-gatal dan kemerahan.  Ada juga radang kulit yang disebut Atopic Dermatitis (Eksim), yaitu kondisi kronis (lama dan progresif) karena reaksi sistem imun yang berlebihan dipermukaan kulit. Atopic Dermatitis (Eksim) dapat disebabkan  karena alergi tertentu, protein tertentu, jamur, dan lain-lain. Pada umunya orang dengan eksim memiliki alergi terhadap makanan yang dapat bertambah parah jka mengonsumsi makanan pemicu tersebut.

Urtikaria

urtikariaKemerahan dan bentol-bentol pada anak atau sering disebut dengan biduran, yaitu reaksi peradangan dikulit yang disebabkan karena pelepasan histamin yang menyebabkan gatal-gatal, kemerahan, dan bentol-bentol besar. Biduran tersebut bisa disebabkan oleh makanan, perubahan suhu ysng ekstrim, tergigit serangga, ulat bulu, dan obat-obatan tertentu.

Angioedema

angioedemaAngioedema hampir sama dengan urtikaria bahkan sering juga disertai urtikaria. Yang membedakannya adalah angioedema terjadi pada bagian kulit yang lebih dalam, seperti bengkak kelopak mata, bibir/mulut atau kelamin. Penyebabnya juga hampir sama yaitu bisa disebabkan oleh obat-obatan, serangga, atau makanan.

Sebenarnya penyakit gatal-gatal dikulit dapat ditangani dan diobati sendiri bila penderita mengetahui penyebab gatal-gatal tersebut. Misalnya rasa gatal yang disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu dapat diatasi dengan menghindari makanan yang menjadi pemicu alergi pada kulit. Alergi gatal pada kulit yang tidak terlalu berat dapat diterapi dengan perubahan gaya hidup misalnya dengan cara menghindari bahan-bahan yang menjadi pemicu timbulnya reaksi alergi, seperti logam, makanan, bahan kimia, obat-obatan, serangga, dan lain-lain.

Semoga informasi macam-macam penyakit alergi pada kulit diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca. Dan semoga dapat membantu kita dalam menjalani hidup yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *