Mengatasi Alergi Bersin

bersinApabila Anda mengalami bersin yang  terus menerus dan berkepanjangan  terutama pada pagi hari, kemungkina itu  merupakan salah satu dari gejala rhinitis  alergi atau alergi bersin. Meskipun tidak  membahayakan, namun bersin alergi ini  daapt mengganggu aktivitas si penderita.

Bersin alergi dapat disebabkan oleh  berbagai zat tertentu, seperti debu, bulu  binatang, serbuk sari, dan sebagainya.  Jika penyebab dari alergi itu sendiri  belum diketahui, maka bersin alergi  akan sulit untuk diatasi. Karena biasanya  secara umum alergi dapat diatasi dengan  cara menghindari penyebabnya. Dengan  melakukan tes alergi mungkin dapat  membantu untuk mengidentifikasi  penyebab alergi tersebut.

Cara Mengatasi Alergi Bersin

Secara umum mengatsasi alergi bersin  dapat dilakukan dengan beberapa cara.  Dari cara tersebut masing-masing  memiliki kekurangan dan kelebihan  tersendiri, sehingga dapat disesuaikan  dengan keperluan si penderita.Berikut  cara yang dapat dilakukan untuk  mengatasi bersin alergi, yaitu :

  1. Menghindari alergen pemicu bersin- bersin. Penderita harus mengamati dan  mengetahui faktor yang menjadi  penyebab dari bersin-bersin tersebut.
  2. Penggunaan obat-obatan. Cara mengatasi alergi bersin tersebut  merupakan salah satu cara yang paling  sering dilakukan oleh penderita. Namun,  penderita juga harus berhati-hati dalam  menggunakan obat-obatan tersebut.  Karena jika dikonsumsi secara terus  menerus juga tidak baik.
  3. Desensitisasi. Merupakan pengurangan  kepekaan secara perlahan. Caranya yaitu  dengan memberikan bahan pemicu  alergi dalam porsi yang kecil secara rutin  kepada penderita. Kesabaran   merupakan kunci dari proses ini, karena  proses ini membutuhkan waktu yang  relatif lama. Derajat kesembuhannya  sekitar 80-90%.
  4. Pengobatan dan treatmen atau  perawatan secara alami.

Itulah beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk mengatasi alergi bersin.  lakukan pengontrolah terhadap kondisi  alergi bersin Anda dan berkonsultasilah  dengan dokter mengenai penyakit  tersebut untuk mengetahui  perkembangannya. Semoga bermanfaat  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *