Mengetahui Alergi Buah dan Sayur pada Anak

Buah dan sayur selama ini dianggap sebagai sumber makanan yang penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah vitamin, mineral, dan serat yang terkandung didalamnya dianggap sebagai obat terbaik untuk mengatasi kekurangan gizi.

Namun, pada beberapa kasus, buah dan sayur juga bisa menimbulkan risiko alergi terhadap anak. Alergi terhadap buah dan sayur merupakan reaksi yang spontan terjadi pada tubuh anak yang telah mengonsumsi buah dan sayur. Reksi tersebut dapat berlangsung dalam hitungan menit atau beberapa jam setelah mengonsumsi buah dan sayur.

Mengetahui Alergi Buah dan Sayur pada Anak

Hal ini berhubungan dengan kandungan protein yang ada didalam buah dan sayur. Alergi protein serbuk sari merupakan salah satu faktor pemicu alergi pada anak terhadap sayur dan buah. Terkadang beberapa buah dapat menyebabkan anak memiliki reaksi alergi. Buah yang mungkin menjadi masalah adalah buah kiwi, stroberi, raspberry, buah jeruk, lemon, dan limau. Sedangkan beberapa jenis sayuran yang mungkin menjadi pemicu timbulnya alergi pada anak adalah mentimun, labu, dan beberapa sayuran tertentu yang ditemukan berbeda pada anak-anak.

Alergi yang terjadi pada anak setelah mereka mengonsumsi jenis buah dan sayur tertentu berhubungan langsung dengan kandungan profilinis nabati yang memang terkandung didalam serbuk saru buah dan sayuran. Jensi profilinis nabati ini merupakan salah satu kandungan yang ada didalam buah dan sayur yang bisa menyebabkan alergi pada si kecil.

Gejala utama alergi yang disebabkan oleh serbuk sari makanan ini erat hubungan dengan beberapa gangguan kesehatan terhadap tubuh si kecil. Meskipun gangguan pada anak tidak terlalu berat, namun sebaiknya bunda tidak memberika jenis buah atau sayur yang memang dapat memicu alergi hingga usia si kecil bertambah dan sistem kekebalna tubuhnya lebih berkembang.

Baca Juga : Sembuhkan Alergi Kulit dengan Mandi Oatmeal

Walaupun pada umumnya gejala akan muncul beberapa menit setelah mengonsumsi jenis buah dan sayur tertentu, namun beberapa jenis buah dan sayur yang dikonsumsi secara segar tanpa diolah juga dapat menimbulkan risiko alergi yang justru lebih tinggi terlebih lagi bagi Anda yang memiliki riwayat alergi.

Tidak hanya itu, alergi buah dan sayur juga dihubngkan dengan alergi lateks, yaitu alergi terhadap buah-buahan produk tanaman, seperti alpukat, coklat, pepaya dan pisang. Beberapa diantaranya yang memiliki alergi lateks akan langsung bereaklsi setelah mengonsumsi buah-buahan tertentu. Adapula sebagian kasus yang mengalami alergi serbuk sari dan alteks secara bersamaan.

Umumnya, kacang-kacangan memiliki peranan yang lebih tinggi daripada jenis sayuran lainnya. Anak-anak biasanya alergi terhadap jenis kacang tertentu meskipun pada nenerapa kasus ditemukan anak-anak yang memiliki alergi terhadao kacang-kacangan dapat mengonsumsi sayur dan buah secara normal.

Selain serbuk sari, salah satu faktor yang dapat menimbulkan reaksi alergi buah dan sayur adalah karena adanya paparan pestisida pada buah dan sayur.  Jika memang pestisida pemicunya, maka memilih buah dan sayur organik menjadi salah satu cara untuk menghindarinya. Namun, jika konsumsi organik tidak membantu, bisa jadi si kecil memang alergi pada buah dan sayur tersebut.

Bagi orangtua yang mengenalkan si kecil pada buah dan sayur di usia yang masih dibawah 6 bulan, maka dapat menimbulkanr isiko alergi yang lebih tinggi, karena sistem pencernaan si kecul yangmasih belum sempurna.

Anda bisa memberikan buah dan sayur satu persatu kepada si kecil, atau bunda juga bisa memberikan buah atau sayur secara terpisah dari buah dan sayur lainnya atau makanan lainnya yang memang dapat memicu timbulnya alergi. Dengan begitu, bunda bisa menentukan makanan mana yang menjadi faktor penyebab timbulnya alergi pada anak. Selain itu, bunda juga bisa memberikan si kecil obat alergi QnC Jelly Gamat untuk membantu meringankan gejala alergi yang timbul akibat mengonsumsi buah dan sayur tertentu. Informasi pemesanan, silahkan KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *