Mengetahui Obat Antihistamin untuk Bantu Atasi Gejala Alergi

Mengetahui Obat Antihistamin untuk Bantu Atasi Gejala Alergi,- Obat antihistamin merupakan obat pertama yang dianjurkan jika alergi Anda kambuh. Obat ini bisa membantu meredakan berbagai gejala alergi, seperti gatal, batuk, bersin, bahkan sesak napas.

Antihistamin

Lalu, apa itu obat antihistamin ?

Antihistamin adalah kelompok obat-obatan yang digunakan untuk mengobati reaksi alergi, seperti rinitis alergi, reaksi alergi akibat sengatan serangga, reaksi alergi makanan, urtikaria, atau biduran.

Obat antihistamin berfungsi untuk menghentikan atau membatasi aktivitas histamin dalam tubuh. Namun, obat gatal alergi tidak bisa digunakan untuk mencegah reaksi alergi atau mengobati reaksi alergi yang parah seperti anafilaktik.

Gejala alergi apa saja yang bisa diredakan dengan antihistamin ?

Terdapat beberapa faktor yang terlibat dalam peningkatan alergi, termasuk polusi, komponen genetik dan bahkan kebersihan. Reaksi alergi bisa disebabkan oleh sejumlah alergi yang berbeda, namun umumnya dipecah menjadi 3 faktor, yaitu alergi makanan, alergi kontak (sentuhan), dan alergi dihirup.

Ketika gejala alergi kambuh, obat antihistamin merupakan solusi yang pertama kali diambil untuk mengatasinya. Berikuti ni merupakan gejala alergi yang bisa diatasi oleh obat antihistamin, yaitu :

  • Alergi kontak

Alergi kontak terjadi ketika kulit terpapar oleh zat penyebab alergi. Biasanya gejala ini terbatas pada daerah kontak. Alergi kontak ini umumnya disebabkan oleh sabun, detergen, pewarna rambut, perhiasan atau aksesoris, lilin, atau poles. Alergi kontak juga bisa terjadi ketika kulit bersentuhan dengan tumbuhan tertentu, terutama yang beracun.

Gejala alergi kontak yang sering timbul diantaranya kulit kemerahan, gatal, bengkak, scaling, atau terasa panas. Mengidentifikasi dan menghindari penyebab alergi mungkin merupakan cara terbaik untuk mengatasi alergi kontak. Secara sederhana, perawatan yang bisa dilakukan mungkin termasuk penggunaan krim atau salep untuk membantu meredakan gejala alergi.

Penggunaan antihistamin, seperti prednisone juga disarankan utnuk mencegah reaksi alergi, atau dalam kasus yang lebih serius. Alergi kontak biasanya hilang dalam beberapa hari dengan pengobatan. Jika terdapat cairan dari ruam yang disertai dengan nyeri atau demam atau jika timbul gariks-garis merah berasal dari ruam, maka segeralah hubungi dokter atau tenaga medis. Kondisi tersebut merupakan tanda-tanda infeksi.

  • Alergi dingin

Alergi dingin merupakan gangguan kulit reaktif yang terjadi saat suhu dingin. Kulit yang memiliki alergi terhadap dingin akan menjadi merah dan mengalami gatal-gatal. Masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab alergi dingin. Beberapa orang mengalami alergi dingin ini karena faktor genetik atau keturunan, terkena sejenis virus, atau memiliki penyakit yang menyebabkan sel kulit semakin sensitif.

Umumnya, paparan dingin dapat menghantarkan histamin dan zat kimia lainnya pada aliran darah yang menyebabkan kemerahan dan reaksi gatal-gatal. Alergi dingin bisa didiagnosis dengan menempelkan es pada kulit untuk beberapa menit. Jika Anda memiliki alergi kulit, gatal-gatal akan timbul setelah beberapa menit es batu diangkat. Banyak alergi dingin terjadi tanpa penyebab yang jelas.

  • Alergi makanan

Alergi makanan merupakan suatu kondisi yang dikenal sebagai hipersensitivitas makanan. Ini adalah jenis intoleransi makanan, dimana penderita memiliki reaksi imun yang abnormal terhadap makanan. Alergi makanan paling sering disebabkan oleh susu sapi, kacang-kacangan, telur, dan buah.

Gejala alergi makanan bisa ringan, seperti halnya gatal-gatal yang timbul ketika mengonsumsi makanan tertentu seperti stroberi. gejala yang lebih parah dari alergi makanan mungkin termasuk kram perut, muntah, atau diare yang disertai dengan ruam, pembengkakan bibir atau mata yang timbul dan hilang dengan cepat, atau dalam kasus yang sangat jarang terjadi, syok anafilaktik; reaksi alergi tiba-tiba yang ekstrik yang bisa menyebabkan kematian.

Sedangkan pada anak-anak yang mengalami alergi makanan mungkin akan menunjukkan tanda-tanda perilaku seperti menangis, mudah marah, atau menolak minum susu.

  • Alergi tungau atau debu

Alergi debu merupakan jenis alergi yang paling umum terjadi. Beberapa gejala alergi yang bisa timbul akibat alergi debu diantaranya seperti bersin, batuk, dan sulit bernapas. Didalam debut juga sering terdapat hewan kecil seperti tungau dan biasanya berada di tempat yang lembab dan hangat, seperti kasur, kain karpet, atau gorden.

Tungau hidup di daerah yang lembab dan hangat dengan suhu sekitar 20-25 derajat celcius. Namun, tungau akan mati pada suhu yang ekstrem. Sisa bangkai tungau yang mati inilah yang bisa terhirup atau menempel pada kulit dan menyebabkan alergi.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi obat antihistamin

Hindari mengonsumsi obat antihistamin dengan alkohol. Hal ini disebabkan karena minum alkohol bisa meningkatkan rasa kantuk akibat obat antihistamin.

Sebelum mengonsumsi obat antihistamin, alangkah baiknya Anda konsultasikan dengan dokter, terutama jika Anda mengidap penyakit hati atau ginjal. Penyakit hati dan ginjal bisa memengaruhi cara tubuh memproses dan menghilangkan cetirizine.

Selain itu, bicarakan juga dengan dokter jika Anda mengalami pembesaran prostat yang bisa membuat Anda merasa sakit dan sulit buang air kecil. Obat antihistamin bisa memperburuk masalah buang air kecil yang Anda alami.

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat antihistamin jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti :

  • Kejang
  • Glaukoma
  • Penyakit jantung
  • Gangguan tiroid
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Sulit bernapas karena emfisema atau bronkitis kronis

Itulah beberapa informasi mengenai obat antihistamin yang bisa membantu mengatasi gejala alergi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi obat antihistamin. Bicarakan mengenai kondisi kesehatan Anda serta obat yang sedang dikonsumsi, jika ada. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan obat antihistamin yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *