Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah Bantu Cegah Alergi

Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah Bantu Cegah Alergi,- Polusi udara saat ini semakin buruk di luar rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan tentu akan membuat Anda lebih senang berada di dalam ruangan. Walaupun begitu, belum tentu kualitas udara yang berada di dalam ruangan bersih dan bebas dari polusi. Ternyata udara dalam ruangan diketahui memiliki polutan yang memiliki kadar dua hingga 50 kali lebih tinggi daripada di luar.

Sumber polusi udara atau polutan bisa baerasa dari debu, jamur, serbuk sari, asap rokok, atau bulu-bulu hewan peliharaan. Polutan ini bisa memicu gangguan kesehatan, terutama memperburuk kondisi penderita asma dan memicu reaksi alergi. Tak jarang, polutan juga dapat mempermudah penyebaran kuman penyebab penyakit seperti infeksi saluran pernapasan. Sehingga timbul keluhan batuk, bersin-bersin, hingga gangguan pernapasan seperti hidung mampet dan sesak.

Untuk mengurangi risiko alergi, sangat penting untuk membersihkan rumah secara teratur. Membersihkan rumah juga bisa memperbaiki kualitas udara di dalam rumah. Selalu bersihkan area rumha yang sering menjadi lokasi berkumpulnya keluarga, terutama ruang tamu, kamar tidur dan kamar mandi. Kemudian juga area rumah yang memiliki risiko dihinggapi kotoran, debu, kuman, atau bakteri.

Untuk mencegah masuknya serbuk sari dan debu serta kotoran, Anda bisa mengurangi pemakaian kipas angin. Penggunaan pendingin ruangan juga bisa membantu mencegah serbuk sari masuk ke dalam ruangan. Terlebih lagi pendingin ruangan dapat mengurangi tingkat kelembaban di dalam ruangan yang sangat bermanfaat bagi penderita alergi, namun pastikan agar pendingin ruangan dibersihkan secara rutin.

Selain pendingin ruangan, Anda juga bisa menggunakan pembersih udara di dalam ruangan, sebagai alat yang dapat membantu untuk menciptakan udara bersih di rumah. Umumnya pembersih udara memiliki sistem penyaring udara yang dianggap efektif untuk membersihkan debu dan polutan lain, salah satunya yaitu menggunakan penyaring dengan teknologi high efficiency particular air (HEPA).

Pembersih udara akan menkena udara memasuki kain penyaring yang sangat halus, yang membuat polutan terperangkap. Kemudian udara yang sudah bersih dikeluarkan. Sehingga penggunaan alat ini dapat mengurangi risiko terjadinya alergi.

Selain itu, juga terdapat pembersih udara yang memiliki kemampuan menghasilkan ion-ion yang dialirkan ke udara di sekitar ruangan. Ion-ion ini ditujukan untuk membantu mengurangi penyebaran virus melalui udara yang kerap menimbulkan penyakit dan juga jamur serta aroma lembab yang sering ditimbulkannya, sehingga dapat memperbaiki kondisi udara di dalam ruangan.

Gunakan pembrsih udara ini, terutama untuk ruangan yang sering digunakan, termasuk kamar tidur. Pilihlah alat pembersih udara yang berukuran kecil dan portabel, sehingga lebih mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Pembrsih udara dapat mendukung upaya Anda dalam menciptakan kualitas udara yang lebih baik di dalam rumah. Tetap bersihkan kotoran, debu, dan polutan yang menempel pada berbagai sudut ruangan, serta bersihkan kipas angin, AC, dan saringan pada alat pembersih udara secara rutin dan berkala. Jangan lupa juga untuk mengganti saringan. Dengan demikian, maka kualitas udara dapat ditingkatkan, dan kesehatan keluarga selalu terjaga.

 

Baca juga :

Pengobatan Bersin Karena Alergi
Tips Mengobati Alergi Serbuk Sari
Obat Alergi Tungau Debu
Pengobatan Alergi Saluran Pernapasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *