Pencegahan Alergi Sejak Dini

1384311072-1200x450pengobatanalergi.com,- Penyakit alergi  pada anak memang sudah tidak asing  lagi kita temukan. Alergi termasuk salah  satu gangguan kesehatan yang menjadi  masalah penting pada anak. Alergi dapat  mengganggu semua organ pada anak,  maka dari itu alergi tidak boleh  dipandang sebelah mata. Alergi dapat  diturunkan dari kedua orang tuanya.  Jika salah satu orang tua menderita  alergi maka dapat menurunkan resiko  pada anak 20-40%, sedangkan jika  kedua orang tua menderita alergi maka  resiko si kecil terkena alergi meningkat  yaitu 40-80%. Namun, apabila tidak ada  riwayat dari orang tua, maka resikonya  adalah 5-15%.

Mengingat dampak yang bisa  ditimbulkannya, maka sebaiknya  pencegahan alergi dilakukan dari dini,  yaitu dengan menghindari faktor  penyebabnya, baik yang berasal dari  makanan maupun dari lingkungan  sekitar. Terdapat beberapa cara yang  dapat dilakukan sebagai upaya  pencegahan alergi, yaitu :

  1. Memberikan ASI secara eksklusif sampai  bayi berusia 6 bulan dapat membantu  mengurangi resiko terjadinya alergi.  NaMun, makanan yang dikonsumsi oleg  ibu menyusui jug aharus diperhatikan  agar tidak dapat menyebabkan reaksi  alergi pada bayi. Makanan laut terutama  udang, kerang dan cumi serta kacang  tanah merupakan makanan ibu  menyusui yang paling sering  menimbulkan reaksi alergi pada bayi.
  2. Menunda pemberian makanan padat  pertama pada bayi karena fungsi usus  bayi yang belum sempurna bisa  menimbulkan kesulitan untuk mencerna  dan membedakan berbagai macam  alergen yang terdapat didalam  makanana. Pemberian makanan padat  pertama dapat diberikan setelah bayi  berusia 6 bulan.
  3. Tunda pemberian makanan pemicu  alergi, seperti ayam diberikan pada usia  diatas 1 tahun, telur dan kacang tanah  pada usia diatas 2 tahun, dan ikan laut  diberikan ketika usia si kecil diatas 3  tahun.
  4. Memberikan si kecil makanan yang kaya   antioksidan. Makanan yang  mengandung antioksidan misalnya  buah-buahan yang berwarna kuning,  seperti wortel, apel, dan sebagainya.
  5. Jaga kebersihan lingkungan rumah, baik  didalam rumah maupun dilingkungan  sekitar. Bersihkan tempat tidur dan  tempat bermain si kecil secara teratur.  Usahakan untuk tidak menyimpan  tumpukan buku, baju-baju yang  digantung, karpet, dan gorden yang tebal   ditempat tersebut. Jangan biarkan  hewan peliharaan seperti kucing dan  anjing masuk kedalam rumah, hindari  penggunaan obat nyamuk ditempat tidur  dan tempat bermain anak, gunakan  kasur busa sebagai tempat tidur anak,  serta berlakukan larangan merokok  didalam rumah.

Demikian beberapa tips pencegahan  alergi yang dapat dilakuakn sejak dini  pada anak Anda. Pencegahan alergi sejak  dini harus dilakukan untuk mencegah  terjadinya reaksi alergi terhadap buah  hati Anda. Karena mencegah lebih baik  dari pada mengobati.

Semoga informasi penceganah alergi  sejak dini diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *