Penyakit Alergi Kosmetik Pada Kulit Wajah

alergi-pada-kosmetik-ini-tanda-tandanyapengobatanalergi.com,- Bagian wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sering diperhatikan oleh semua orang, terutama wanita. Wanita indonesia khususnya banyak yang menginginkan memiliki wajah yang bersih dan cerah, maka dari itu, tidak sedikit orang yang menggunakan produk kecantikan untuk mewujudkan hal tersebut. Dalam penggunaan produk kecantikan, baik yang alami ataupun kosmetik pemutih wajah, kadang timbul berbagai masalah yang dapat mengakibatkan iritasi bahkan sampai alergi yterhadap kulit wajah. Sehingga bukan memberikan hasil yang baik, namun malah menjadikan wajah menjadi lebam atau berjerawat.

Kosmetik yang beredar diluaran sana kebanyakan mengandung atau terbuat dari bahan-bahan kimia, sehingga para dokter dan ahli pun sangat tidak menyarankan penggunaan kosmetik tersebut terlalu sering. Kulit muka merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif dan apabila terpapar bahan kimia secara terus menerus akan berpotensi menimbulkan alergi.

Alergi pada kulit wajah tidak bisa dianggap remeh meskipun tidak separah beberapa jenis alergi lainnya. Namun, alergi pada kulit wajah ini dapat menimbulkan beberapa dampak yang bisa sangat mengganggu aktifitas dan penampilan. Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh alergi kulit akibat kosmetik, antara lain :

Penyakit Alergi Kosmetik pada Kulit Wajah

  1. Kulit muka akan cenderung terasa lebih sensitif terhadap cahaya matahari, suhu dan bahkan air. Tidak jarang beberapa jenis kosmetik dapat mengakibatkan pengelupasan pada kulit wajah.
  2. Pada kulit muka akan terasa gatal dan kadang disertai rasa perih yang berkepanjangan.
  3. Kulit muka akan memerah.
  4. Tiba-tiba muncul jerawat pada kulit wajah dalam jumlah yang banyak. Ini diakibatkan kosmetik yang menempel pada wajah tersebut akan mengikat kotoran yang menghampiri wajah.

Jika setelah menggunakan kosmetik Anda mengalami hal-hal tersebut, maka segeralah hentikan pemakaian kosmetik tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan kosmetik yang Anda gunakan mengandung beberapa zat kimia yang cukup berbahaya dan dapat memicu terjadinya reaksi alergi pada kulit wajah. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari penyakit alergi pada kulit wajah Anda :

  1. Gunakan perawatan wajah alami seperti menggunakan masker buah untuk menghilangkan segala gangguan yang muncul pada wajah.
  2. Pilihlah kosmetik yang tidak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat memicu alergi jika Anda memang membutuhkan kosmetik.
  3. Biasakan untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan peralatan kosmetik dan jangan pernah berbagi make-up dengan orang lain.
  4. Tutup rapat kotak atau tempat kosmetik Anda, serta simpat ditempat yang besih, tidak terpapar sinar matahari secara langsung, dan juga ditempat yang tidak lembab untuk menghidari pertumbuhan jamur.

Jika Anda sudah mengalami penyakit alergi pada kulit wajah Anda, Anda dapat melakukan hal berikut :

  1. Hentikan segera pemakaian produk kosmetik tersebut dan cermati bahan apa yang memungkinkan dapat memicu reaksi alergi.
  2. Hindari membeli produk yang tidak jelas kandungannya.
  3. Bersihkan terlebih dahulu wajah sesaat sebelum menggunakan make-up.
  4. Ganti selalu alat make-up setiap 3-6 bulan sekali dan cuci setiap minggunya agar tetap bersih.
  5. Jangan menggosok, menggaruk, memakan scrub atau lulur atau juga masker pada bagian kulit yang mengalami alergi.

Apabila gejala alergi tidak juga hilang, maka sebaiknya Anda segera memeriksanya kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tips Memilih Kosmetik Yang Aman

tips-memilih-kosmetik-aman

Berbagai jenis kosmetik menjadi produk yang digemari wanita. Mulai dari kosmetik yang bermanfaat untuk membersihkan wajah, mencearahkan, hingga serum vitamin untuk wajah. Keinginan untukyampil lebih baik kerap menjebak seseorang untuk menggunakan kosmetik yang belum diketahui keamanannya. Berikut beberapa tips memilih kosmetik yang aman untuk digunakan.

  1. Terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan)
    Kosmeti yang aman tentunya telah terdaftar di BPOM. Para produsen kosmetik harus melewati beberapa prosedur hingga produk tersebut diyamini keamanannya untuk mendapatkan nomor register dari BPOM. Teknologi saat ini sudah sangat pesat, sehingga banyak pemalsuan produk yang tidak mudah untuk dapat membedakan yang asli dengan yang palsu. Oleh karena itu, belilah kosmetik di gerai resmi atau tempat yang dapat menjamin keaslian produk.
  2. Menggunakan kosmetik yang sesuai usia
    Tips memilih kosmetik yang aman selanjutnya yaitu menggunakan kosmetik yang sesuai dengan usia yang disarankan. Remaja yang berusia belasan tahun sudah tentu belum membutuhkan cream antikerut yang dibuat untuk wanita matang yang berusia diatas 40 tahun.
  3. Pertimbangkan harga dan manfaat produk
    Jangan terlalu terburu-buru ketika membeli kosmetik yang harganya murah. Bagaimanapun produk yang berkualitas membutuhkan bahan baku yang berkualitas juga.
  4. Produk yang aman biasanya tidak menawarkan hasil yang instan
    Mendapatkan kulit wajah yang indah dan sehat tidak bisa dalam waktu yang singkat. Produk yang menawarkan hasil yang instan patut dicurigai keamanannya, karena bisa jadi bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kosmetik tersebut terlalu tinggi kadarnya atau menggunakan bahan yang sudah jelas dilarang untuk bahan baku kosmetik. Bahan-bahan tersebut mampu membuat kulit tampak cantik dalam waktu yang singkat, namun memiliki efek samping jangka panjang yang sangat merugikan.

Semoga artikel tentang penyakit alergi kosmetik pada kulit wajah diatas dapat bermanfaat dan dapat membantu para pembaca dalam merawat kulit wajah dan mencegah terjadinya reaksi alergi akibat kosmetik pada kulit wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *