Penyebab Dan Gejala Alergi

Pengobatan Alergi,- Alergi merupakan suatu  rekasi kepekaan tubuh yang tidak biasa  terhadap sesuatu objek tertentu. Orang-orang  dengan alergi memiliki sisitem kekebalan  tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat yang  biasanya tidak berbahaya dilingkungan,  seperti bulu binatang, debu, serbuk sari, dan  lain-lain. Setiap orang memiliki sistem  kekebalan tubuh yang berbeda, sehingga ada  yang sangat sensitif terhadap paktor pemicu  alergi (alergen) tertentu.

Penyebab Alergi

penyebab alergiTerdapat dua faktor yang dapat  menyebabkan alergi, yaitu faktor genetik dan  faktor lingkungan. Resiko alergi  berhubungan dengan sejarah alergi orang  tua. Jika orang tua tidak memiliki alergi,  maka hanya 15% resiko Anda mengidap  alergi. Namun, jika orang tua mengidap  alergi, maka Anda beresiko lebih dari 60%.  Faktor lainnya adalah lingkungan. Reaksi  alergi terjadi ketika terkena suatu alergen.  Semakin besar paparan alergen, maka alergi  akan semakin cepat berkembang. Babarapa  alergen yang sering ditemukan, diantaranya :

  1. Tungau dan debu rumah. Tungau hidup dari  kulit manusia yang terkelupas secara teratur  menjadi debu dalam rumah dan suka hidup  ditempat yang lembab dan hangat, seperti  kasur, selimut, seprai, bantal, dan lain-lain.  Tungau yang terhirup dapat menyebabkan  gejala demam serbuk sari (hay fever)dan  asma. Dan jika terkena kulit dapat  menyebabkan eksim.
    Rumput dan serbuk bunga (pollen). Serbuk  ini jika terkena mata, hidung atau paru-paru  seseorang yang sangat peka, maka dapat  menyebabkan hay fever.
  2. Kulit, bulu, dan ludah binatang. Hampir  semua binatang yang berbulu dapat  menyebabkan alergi. Alergen yang terdapat  pada kerak kulit, bulu, dan ludah binatang  fapat bertahan lama dan sangat mudah  menyebar, sehingga dapat menyerang orang  yang bukan pemilik hewan tersebut.
  3. Makanan. Makanan tertentu, khusunya yang  memiliki kandungan protein dapat  menimbulkan alergi, seperti seafood, susu,  daging, dan lain-lain. Alergi maknan  menimbulkan gejala yang bervariasi, mulai  dari gejala ringan seperti gatal-gatal dan bibir  bengkak, hingga gejala berat yang dapat  mengancam jiwa.
  4. Obat. Beberapa obat antibiotik dapat memicu  alergi. Biasanya alergi terhadap obat timbul  tidak pada saat pertama kali minum obat  tersebut, tetapi timbul  pada pemakaian  berikutnya.

Selain itu, terdapat faktor lain yang menjadi  pemicu alergi, diantaranya kebiasaan  merokok, polusi, infeksi dan hormon.

Gejala Alergi

Gejala alergi yang terjadi dalam tubuh dapat  dibedakan dari bagian dimana alergi itu  sendiri terjadi. Beberapa bagian tubuh yang  sering dipengaruhi oleh alergi,seperti :

  • gejala alergiSistem pernapasan : Gejala yang timbul  meliputi batuk, pilek, hidung tersumbat,  bersin, sesak napas, mengi suara, mimisan,  sakit telinga, telinga berwarna kemerahan,  tenggorokan gatal, dan suara serak.
  • Sistem pencernaan : Meliputi nyeri perut,  diare, sulit buang air besar, kembung, dan  sering kentut.
  • Kulit : Gejala alergi pada kulit yaitu kulit  terasa gatal, berwarna merah dan bintik- bintik, kulit menebal, eksim, kulit menjadi  kebiruan/hitam, bibir bengkak.
  • Mata : Gejalanya meliputi mata terasa gatal,  mata memerah, berair, mata belekan, warna  kehitaman dibawah mata, dan bintitan.

Dengan mengetahui penyebab dan gejala  alergi , tindakan pencegahan dan pengobatan  dapat dilakukan lebih dini untuk menghindari  gejala yang lebih parah. Jika gejala yang  timbul sudah cukup parah, segera lakukan  pemeriksaan diri ke dokter untuk mengetahui  lebih lanjut gejala dan tindakan tepat yang  harus dilakukan.

Sekian artikel ini saya buat, semoga informasi  penyebab dan gejala alergi tersebut dapat  bermanfaat dan membantu dalam  menciptakan hidup kita yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *