Rekomenasi Produk Pengganti Susu yang Aman untuk Penderita Alergi

Rekomenasi Produk Pengganti Susu yang Aman untuk Penderita Alergi,- www.pengobatanalergi.com – Makanan termasuk salah satu faktor yang menjadi penyebab tersering timbulnya alergi. Ada berbagai jenis makanan penyebab alergi yang perlu dihindari oleh penderita alergi, salah satunya yaitu susu sapi. Selain menghindari susu, penderita alergi juga harus menghindari berbagai bentuk olahannya.

Sayangnya, susu sapi sering dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dalam memasak. Produk ini umumnya digunakan untuk membuat roti, dikonsumsi sebagai minuman, digunakan sebagai pelengkap sereal, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Mengingat begitu pentingnya susu dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda tidak boleh meninggalkannya begitu saja. Lalu, bagaimana dengan penderita alergi susu ?

Anda tidak perlu khawatir, jika Anda memiliki intoleransi terhadap produk diary atau susu, terdapat beberapa rekomendasi produk pengganti susu untuk penderita alergi susu yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya yaitu :

  • Susu macadamia (sejenis kacang)

Nutrisi yang terkandung didalam susu macadamia sebagain besar adalah air dans ekitar 3% adalah sari kacang macadamia. Rasa susu ini cenderung lebih kaya, dengan tekstur lembut dan lebih creamy.

Dalam satu cangkir susu macadamia terkadnung 55 kalori, 4,5 gram lemak, 4 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Susu macadamia paling baik digunakan untuk membuat makanan pencuci mulut dan bahan campuran kopi.

  • Susu beras

Dari semua alternatif, susu beras mengandung hampir 2 kali lipay karbohidrat. Satu cangkir susu beras mengandung 140 kalori, 3 gram lemak, 1 gram protein, da 33 gram karbohidrat.

Minuman ini bisa menjadi pilihan yang aman yang mereka yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap produk dairy, gluten, kedelai, atau kacang. Susu beras bisa digunakan untuk membuat kue, smoothie, atau makanan pencuci mulut.

  • Susu kelapa (santan)

Susu kelapa atau santan telah digunakan secara tradisional dalam berbagai jenis hidangan khas Asia, seperti Indonesia, India, dan Thailand. Teknik pengolahannya sendiri cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan alternatif susu lainnya. Untuk membuatnya, Anda cukup menambahkan air pada parutan daging kelapa tua, kemudian peras untuk mendapatkan sarinya.

Satu cangkir santan mengandung sekitar 45 kalori, 4 gram lemak, namun tidak mengandung protein dan karbohidrat. Susu kelapa ini bisa digunakan untuk membuat kari, minuman panas dan dingin, roti, dan makanan penutup.

  • Susu kedelai

Minuman ini terbuat dari kacang kedelai atau isolate protein kedelai, dan biasanya mengandung pengental serta minyak sayur untuk meningkatkan rasa dan konsistensi.

Nutrisi yang terkandung didalam susu kedelai ini mirp dengan susu sapi. Dalam satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung 90 kalori, 9 gram protein, 4,5 gram lemak, dan 4 gram karbohidrat. Susu kedelai juga bisa digunakan untuk campuran kopi, ceokelat panas, teh, kue, atau seral.

  • Susu gandum (oat)

Susu ini dibaut dari sari gandum yang dicampurkan minyak dan garam untuk meningkatkan rasa dan teksturnya. Dibandingkan dengan susu lainnya, susu gandum mengandung lebih banyak serat. Khasiatnya tentu saja dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol.

Dalam satu cangkir susu gandum terkandung 170 kalori, 5 gram lemak, 5 gram protein, dan 29 gram karbohidrat. Paling baik digunakan untuk memasak dan membuat kue.

Nah, itulah beberapa rekomendasi produk pengganti susu yang aman dikonsumsi oleh penderita alergi susu sapi. Jadi, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa, tetap bisa mendapatkan berbagai kandungan nutrisi yang ada didalam susu dengan mengonsumsi beberapa produk pengganti tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *