Terapi Bagi Wanita yang Sulit Hamil Akibat Alergi Sperma

Terapi Bagi Wanita yang Sulit Hamil Akibat Alergi Sperma,- Bagi setiap pasangan, kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu. Pasalnya, kehadiran si kecil dapat menjadi pelengkap bagi sebuah keluarga. Sebuah kehamilan bisa terjadi jika sel sperma mampu membuahi sel telur. Namun, bagi sebagian wanita, sel sperma dianggap sebagai benda asing atau biasa disebut juga dengan alergi sperma.

Terapi Bagi Wanita yang Sulit Hamil Akibat Alergi Sperma

Alergi sperma terjadi jika tubuh istri membentuk antibodi terhadap sperma suaminya. Semua perempuan akan membentuk antibodi ini, namun tidak semuanya akan membentuk sistem imun dalam jumlah yang tinggi, sehingga sperma tidak dapat mencapai sel telur. Alhasil, meski dalam saluran telur terdapat sel telur yang sidah matang dan siap dibuahi, proses kehamilan tidak pernah terjadi.

Bagi wanita yang belum menginginkan kehamilan, reaksi alergi sperma ini bisa di cegah dengan cara meminta pasangan untuk menggunakan kondom setiap kali berhubungan intim. Penggunaan kondom saat berhubungan intim akan mencegah sperma masuk ke dalam vagina.

Namun, umumnya istri akan menolak ketika diminta melakukan hubungan intim tanpa kondom. Padahal, jika terus terproteksi dengan kondom akan sulit bagi pasangan untuk mendapatkan keturunan.

Terapi Bagi Wanita yang Sulit Hamil Akibat Alergi Sperma yang Bisa Dilakukan

Saat Anda berkonsultasi dengan dokter, maka dokter akan menangani perempuan dengan

Terapi Steroid

mengatasi sperma juga bisa dilakukan dengan terapi steroid, yaitu pemberian obat-obatan untuk menekan sistem ketahanan tubuh, termasuk menekan reaksi antibodi tadi dengan obat-obatan, baik dalam bentuk tablet atau suntikan.

Baca Juga : Obat Alergi

Penggunaan Kondom

Jika Anda belum menginginkan kehamilan, reaksi alergi sperma bisa di cegah dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan intim. Penggunaan kondom saat berhubungan intim ini akan mencegah cairan mani dan sel sperma berkontak dengan dinding vagina dan menimbulkan berbagai reaksi alergi.

Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB)

Bagi Anda yang ingincepat memiliki keturunan namun memiliki alergi terhadap sperma, maka mintalah suami Anda untuk melakukan pencucian sperma. Suami akan diminta melakukan mastrubasi, kemudian dilakukan analisi dan pencucian pada cairan mani yang keluar.

Hal tersebut dilakukan untuk memisahkan sperma yang baik dari protein cairan mani dan zat lain yang dapat mengganggu proses pembuahan.

Kemudian Anda dapat memilih untuk menjalankan TBR, yaitu dengan teknik Inseminasi Intra Uterin (IUI) atau bayi tabung (IVF). Pada teknik iseminasi intra uterin, sel sperma yang telah dibersihkan akan disuntikkan langsung ke dalam rahim dengan menggunakan alat semacam pipet.

Sedangkan pada teknik bati tabung, sel sperma yang baik akan membuahi satu atau lebih sel telur yang sebelumnya telah diambil dengan operasi laparoskopi peempuan di laboratorium. Selanjutnya, hasil pembuahan yang telah berhasil baru ditanamkan kembali ke dalam rahim.

Itulah beberapa terapi bagi wanita yang sulit hamil akibat alergi sperma yang bisa dilakukan. Terapi tersebut dapat membantu mencegah timbulnya reaksi alergi sperma pada wanita dan tentunya dapat membantu untuk mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *