Ternyata Olahraga Bisa Timbulkan Reaksi Alergi

Pengobatan Alergi,- Olahraga merupakan aktivitas fisik yang banyak direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, pada sebagian orang, olahraga bisa menimbulkan reaksi alergi.

Jika Anda mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, kemerahan setelah berolahraga, maka bisa jadi Anda mengidap kondisi yang disebut exercise urticaria. Gejala ini bisa berkembang selama atau setelah olahraga dan meninggalkan tanda-tanda seperti gundukan datar atau bekas pada kulit, bintik-bintik merah atau lecet.

Alergi olahraga bisa terjadi akibat peningkatan bahan kimia yang dilepaskan oleh tubuh, yaitu histamin selama latihan. Selain itu, alergi olahraga juga bisa disebabkan karena telah terjadi pelebaran kapiler darah dan kebocoran cairan ke dalam dermis kulit.

Pada tahap yangmasih tergolong ringan, alergi terhadap segala jenis aktivitas fisik hanya menimbulkanr uam atau gangguan pencernaan. Namun, pada beberapa kasus, bisa berubah menjadi lebih berbahaya dan mengancam jiwa. Atau disebut juga dengan anafilaksis (anaphylaxis).

Anafilaksis akibat olahraga (EIA) termasuk langka, namun jika tidak segera ditangani dapat berlanjut ke gejala yang lebih parah, termasuk angiodema, laring edema, hipotensi, dan juga bisa berujung pada kolaps kardiovaskular.

Beberapa orang juga mengembangkan alergi olahraga jika mengonsumsi makanan tertentu sebelum latihan, seperti alkohol, keju, makanan laut, atau tomat.

Baca Juga :

Obat Alergi Kulit Gatal Berair
Hal Sederhaan yang Bisa Memicu Alergi

Untuk mencegah timbulnya reaksi alergi olahraga, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Family Physician, hindari latihan yang lebih mungkin menyebabkan reaksi alergi, seperti menari, jogging, berjalan, ski, dan bola voly yang sering terkait dengan anaphylaxis. Penderita anafilaksis sebaiknya tidak berolahraga selama masa menstruasi.

Selain itu, penderita exercise urticaria sebaiknya melakukan olahraga 4 hingga 6 jams etelah makan. Dan hindari menggunakan obat anti inflamasi non steroid atau aspirin sebelum latihan. Hal ini disebabkan karena obat ini yang paling sering dikaitkan dengan exercise urticaria.

Jika Anda mulai mengalami gejala alergi ketika berolahraga, perlambatlah kecepatan atau beristirahatlah selama sekitar 5 hingga 10 menit agar gejala alergi tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *