Tips Alami Mengobati Alergi Serbuk Sari

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan timbulnya reaksi alergi, seperti makanan tertentu, debu, bulu binatang, obat-obatan, hingga serbuk sari. Nah, kali ini kita akan memberikan informasi seputar tips alami mengobati alergi serbuk sari.

Tips Alami Mengobati Alergi Serbuk Sari dengan Efektif

tips-alami-mengobati-alergi-serbuk-sari

Alergi serbuk sari memang bisa membuat siapapun merasa terganggu, karena selain membuat hidung gatal dan bersin-bersin, Anda juga tidak bisa menikmati bunga-bunga indah yang bermekaran.

Meskipun jumlah serbuk sari di udara tidak bisa dikurangi, namun Anda bisa membatasi jumlah obat yang harus dikonsumsi ketika gejala alergi tersebut timbul. Untuk mengurangi konsumsi obat alergi, Anda bisa melakukan beberapa tips alami mengobati alaergi sebuk sari berikut :

Jangan keluar rumah tanpa topi bertepi lebar dan kacamata hitam

Anda mungkin akan terlihat lebih mencolok diantara yang lainnya, namun kedua benda ini bisa membantu menjaga Anda dari serbuk sari yang terbang ke mata Anda yang bisa membuatnya gatal dan berair.

Pastikan Anda memiliki filter HEPA

Menurut seorang ahli alergi di University of Kansas Medical Center, Selina Gierer, D.O, jika Anda tidak memiliki filter HEPA dalam vacuum cleaner, Anda mungkin bisa saja membuat gejala alergi serbuk sari semakin memburuk karena membiarkannya menetap di lantai dan furnitur. Selain itu, menggunakan filter HEPA pada AC juga bisa meringankan gejala alergi.

Ganti filter udara pada mobil Anda

Menurut Wender, mengganti filter udara pada mobil setiap tahun merupakan ide yang bagus. Karena filter yang sudah lama dapat menyemburkan serbuk sari ke wajah Anda.

Pakai saline sebelum gejala menyerang

“Hindari alergi dengan cara mengobatinya sebelum Anda merasakan gejalanya,” ujar seorang ahli alergi di New York Medical College, Nathanael Horne, MD. salah satu caranya yaitu dengan membilas hidung dengan menggunakan saline setiap hari. Hal ini bertujuan untuk membersihkan serbuk sari di saat bunga-bunga sedang bermekaran di sekitar Anda. Bahkan dalam sebuah studi, peserta yang membilas sinusnya dua kali sehari selama 3-6 minggu dilaporkan kurang begitu sering mengalami hidung tersumbat, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Tanaman butterbur

David Rakel, Md, pendiri dan direktur dari University of Wisconsin Integrative Medicine Program menyebutkan jika obat-obatan mungkin akan langsung terasa efeknya, namun jika Anda ingin cara alami, butterbur adalah herbal terbaik yang digunakan sebagai obat alergi serbuk sari. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa butterbur juga efektif seperti antihistamin, tetapi tidak memiliki efek kantuk. Perlu diingat, keamanan untuk penggunaan jangka panjangbelum diteliti.

Ganti pakaian ketika sampai rumah

Selain menutup jendela dan mengurangi banyak aktivitas di luar ruangan saat cuaca sedang berangin atau cerah, tips alami mengobati alergi serbuk sari juga bisa dilakukan dengan selalu mengganti pakaian serta membuka sepatu ketika sampai di rumah dan langsung mandi. Hal ini dilakukan untuk mencegah serbuk sari yang mungkin menempel di baju, sehingga gejala alergi bisa dicegah.

Lakukan olahraga di luar ruangan saat senja

“Pindahkan waktu olahraga di luar ruangan pada saat sore hari,” ujar ahli alergi-imunologi di Washington University School of Medicine di St. Louis, H., James Wedner, MD. Hal ini disebabkan karena banyak pohon melepaskan serbuk sarinya pada pagi hari, dan siang hari merupakan waktu dimana jumlah serbuk sari di udara sangat tebal, sehingga lebih baik olahraga dilakukan pada sore hari.

Selain dengan beberapa tips diatas, alergi serbuk sari juga bisa diatasi dengan obat alergi herbal QnC Jelly Gamat yang telah teruji secara efektif mampu mengurangi dan menghilangkan gejala alergi. Informasi lengkapnya, silahkan KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *