Tips Berwisata Aman dan Nyaman Bagi Penderita Alergi

Bagi penderita alergi, terkadang berwisata menjadi tantangan tersendiri. Makanan, cuaca, debu, dan lainnya bisa memicu timbulnya alergi jika tidak dihindari. Walaupun begitu, bukan berarti penderita alergi tidak bisa pergi berwisata.

Anda tetap bisa berwisata dengan teman atau keluarga secara aman dan nyaman tanpa terganggu alergi dengan beberapa tips berikut :

Pilih destinasi wisata

Memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi merupakan tips berwisata aman dan nyaman bagi penderita alergi yang pertama. Sebagai gambaran, Rmania dan Srilanka terkenal ramah dan fleksibel bagi penderita alergi, sama halnya dengan Transylvia yang menyajikan masakan sederhana namun sehat. Pednerita alergi susu bisa mengunjungi negara-negara Asia yang tidak memiliki masakan yang berbasis susu sebanyak Prancis atau Belanda, namun Asia tidak begitu dianjurkan bagi Anda yang mengidap alergi kacang.

Berani

Ketakutan dan kecemasan berlebih tidak akan membawa Anda ke mana-mana. Untuk mengatasinya, lakukan riset kecil-kecilan mengenai kuliner di lokasi wisata yang menjadi tujuan Anda serta cermati yang sesuai dengan kondisi karena setiap destinasi negara memiliki kecenderungan makanan yang berbeda.

Pesan menu dengan hati-hati

Bahan makanan yang menjadi pemicu alergi terkadang tidak mudah terdeteksi, sehingga Anda perlu mencermati betul makanan yang akan dipsar. Pastikan bahan dari saus pelengkap atau minyak yang digunakan tidak mengandung alergen atau produk turunannya.

Pastikan makanan aman

Selain berhati-hati dalam memesan menu di tempat makan, Anda juga harus berhati-hati saat akan mengonsumsi makanan yang disediakan oleh maskapai penerbangan dan hotel. Meskipun sejumlah maskapai dan hotel telah menyediakan makanan yang aman bagi penderita alergi, namun tidak ada salahnya untuk memastikan kembali dan bertanya terlebih dahulu. Jika kondisi alergi benar-benar parah, koki pada sejumlah layanan pariwisata itu biasanya akan menyediakan makanan lain yang di masak secara khusus.

Makanan cadangan

Sebelum berwisata, Anda bisa menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan makanna cadangan. Hal ini bisa membantu Anda ketika tidak menemukan tempat makan yang aman untuk penderita alergi. Persiapan ini juga penting sebagai bekal jika makanan di tempat asing tampak tidak cocok dengan selera Anda, namun pastikan makanan yang Anda bawa tahan lama meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Bawa obat darurat

Penderita alergi berat dianjurkan untuk selalu membawa obat alergi, surat keterangan dokter, dan sertifikat medis ke manapun Anda pergi. Penting juga membawa EpiPen ekstra, alat penyuntik untuk mengobati reaksi alergi yang merupakan pertolongan pertama sebelum memanggil layanan bantuan darurat.

Atasi kendala bahasa

Bahasa yang Anda pakai tidak selalu menjadi bahasa yang dimengerti di tempat wisata tujuan. Menghindari kesalahpahaman, Anda bisa membawa kartu bergambar atau menyiapkan kertas bertulisan terjemahan bahasa setempat mengenai kondisi alergi untuk menjamin masakan serta tempat aman bagi penderita alergi.

Jaket

Selalu bawa jaket atau penghangat lainnya. Terutama jika Anda alergi pada udara atau barang-barang tertentu seperti bulu. Jaket bisa menjadi bantal pengganti Anda.

Udara

Tips berwisata aman dan nyaman bagi penderita alergi yang terakhir yaitu memperhatikan udara. Jika Anda alergi pada debu ataupun cuaca tertentu, misalnya udara dingin, pastikan Anda bisa melakukan pencegahan untuk hal ini. Jangan sembarangan memilih hotel jika alergi Anda terhadap debu tergolong parah. Bawalah masker penutup hidung dan mulut.

Pendingin udara juga perlu diperhatikan jika Anda sensitif terhadap udara dingin. Tidak masalah jika menginap di hotel, namun bagaimana jika di hotel dengan tipe dorm atau asrama. Jangan nekat pula pergi di saat musim dingin atau musim hujan.

Posted on Categories Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *