Tips Hindari Alergi Perhiasan Nikel yang Perlu Diketahui

Setiap wanita tentu senang ketika dapat tampil menarik dan cantik. Ada banyak cara untuk membuat penampilan Anda terlihat lebih cantik dan menarik, salah satunya dengan menggunakan perhiasan. Memilih perhiasan yang tepat akan membuat penampilan Anda semakin menarik. Perhiasan memiliki banyak jenis dan bahan, salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan adalah nikel. Sayangnya, jika kulit sensitif menggunakan perhiasan dari nikel akan memicu timbulnya alergi.

Alergi perhiasan nikel ini ditandai dengan timbulnya ruam pada kulit dan gatal. Ruam biasanya timbul sekitar 6-24 jam setelah pemakaian perhiasan berbahan nikel. Jadi, ruam tidak segera timbul ketika Anda menggunakan perhiasan yang berbahan nikel.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengruangi risiko alergi perhiasan nikel adalah dengan melakukan pengobatan alergi. Gunakan krim hidrokortison serta tablet antihistamin akan membantu mengurnagi alergi nikel.

Jika alergi semakin parah, maka Anda bisa menggunakan krim steroid. Krim ini akan meredakan reaksi alergi yang timbul. Dan agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda mengenai penggunaan obat ini.

Dan yang tidak kalah penting yaitu ketika kulit mengalami alergi, sebaiknya Anda segera melepaskan perhiasan nikel yang digunakan. Hindari menggunakan kembali perhaisan berbahan nikel, karena memaksa menggunakan perhiasan nikel justru akan memperparah kondisi kulit Anda.

Tetapi, jika Anda memang terpaksa menggunakan perhiasan nikel, pastikan perhiasan terbust terbuat dari bahan stainless steel dengan mas kuning ukuran 14, 18, dan 24 karat. Perhiasan ini relatif lebih akan digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif.

Hindari memilih emas putih yang cenderung lebih mengandung nikel. Perhiasan berbahan perak murni, tembaga, platinum, dan titanium diperbolehkan karena bebas bahan nikel. Pemilihan bahan perhiasan sangat penting untuk menghindari kulit dari alergi.

Semoga informasi tersebut bermanfaat. Tampil cantik memang perlu, namun menjaga kulit bebas dari masalah alergi juga jauh lebih penting. Jadi, mulai dari sekarang, perhatikan terlebih dahulu perhiasan yang akan Anda gunakan.

Artikel Terkait :

Posted on Categories Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *