Tips Pakai Lensa Kontak yang Aman untuk Penderita Alergi Mata

Tips Pakai Lensa Kontak yang Aman utnuk Penderita Alergi Mata,- pengobatanalergi.com – Lensa kontak termasuk salah satu pilihan alternatif yang biasanya dipilih untuk membantu penglihatan sekaligus mempercantik mata. Lensa merupakan salah satu peralatan medis yang paling aman jika digunakan secara bertanggungjawab.

Akan tetapi, bagi mereka yang memiliki alergi mata sering kali merasa ragu ketika ingin menggunakan lensa kontak. Tanpa menggunakan lensa kontak saja alergi mata bisa menyebabkan mata terasa gatal, berair, bahkan hingga bengkak. Kondisi ini tentu akan semakin parah jika Anda menggunakan lensa kontak pada kornea mata yang sensitif.

Jadi, apakah ada cara aman yang bisa dilakukan agar penderita alergi bisa menggunakan lensa kontak ? Tentu saja. Simak uraian berikut untuk informasi lengkapnya !

Tips Pakai Lensa Kontak

Tips Aman Gunakan Lensa Kontak utnuk Penderita Alergi Mata

Alergi mata dikenal juga sebagai alergi konjungtivitis, dimana reaksi alergi ini bisa timbul jika mata terkena berbagai faktor penyebab alergi yang menyebar di udara, seperti debu, bulu binatang, asap, serbuk sari, parfum, atau bahkan serpihan makanan.

Menggunakan lensa kontak saat alergi mata kambuh tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Bahkan, hal ini bisa membuat mata terasa gatal, memerah, berair, hingga bengkak.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus menghindari penggunaan lensa kontak. Berikut ini merupakan tips pakai lensa kontak yang aman untuk penderita alergi mata yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Ganti dengan lensa kontak sekali pakai

Jika Anda terbiasa menggunakan lensa kontak yang bisa digunakan selama beberapa bulan, sebaiknya mulai beralih ke lensa kontak sekali pakai. Umumnya lensa kontak sekali pakai lebih aman bagi penderita alergi.

Lensa kontak semi-permanen membuka kesempatan bagi alergen menempel pada permukaan lensa kontak. Semakin lama dibiarkan menumpuk, maka semakin besar pula kemungkinan alergi kambuh dan memicu iritasi pada mata.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan lensa kontak sekali pakai, maka mata akan lebih terlindungi dari paparan zat pemicu alergi. Pasalnya, setelah digunakan selama beberapa jam, Anda hanya tinggal membuangnya bersama dengan semua alergen yang menempel. Dengan begitu, maka mata akan lebih aman dan sehat.

  • Bersihkan lensa kontak sesering mungkin

Membersihkan lensa kontak secara rutin bisa membuatnya terbebas dari alergen. Namun sebelumnya perhatikan terlebih dahulu jenis larutan pembersih yang Anda gunakan.

Sebagian orang memiliki alergi terhadap kandungan pengawet yang ada pada cairan disinfektan. Oleh karena itu, gunakan cairan disinfektan bebas pengawet untuk menghindari kemungkinan timbulnya reaksi alergi.

Jangan ragu untuk menggunakan cairan disinfektan yang sedikir lebih mahal, yang terpenting aman untuk Anda gunakan. Mintalah bantuan dokter untuk menentukan jenis cairan disinfektan yang aman dan tidak memicu alergi mata.

  • Gunakan kacamata

Alergen seperti sebuk sari dan debu akan lebih mudah menempel pada permukaan lensa kontak yang tipis. Jika Anda sudah mulai tidak tahan dengan reaksi alergi yang ditimbulkan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata sesekali.

Selain menghindari reaksi alergi, menggunakan kacamata juga dapat memberikan kesempatan bagi mata untuk beristirahat dari tempelan lensa kontak setiap hari.

  • Jaga kelembaban mata

Umumnya alergen yang menyerang mata membuat mata menjadi kering. Jika terus dibiarkan, maka hal ini bisa membuat alergi mata semakin parah, terlebih lagi jika Anda langsung menggunakan lensa kontak pada saat yang bersamaan.

Sebagai solusinya, pastikan kondisi mata tetap lembap sepanjang hari. Anda bisa menggunakan bantuan air mata buatan atau obat tetes mata untuk membantu membilas alergen dan meredakan iritasi yang timbul pada mata.

Air mata buatan umumnya dijual bebas di pasaran dan bisa dibeli tanpa harus menggunakan resep. Anda bisa menggunakan air mata buatan ini sesering mungkin, bahkan jika diperlukan bisa digunakan 2 jam sekali. Semakin sering air mata buatan digunakan, maka semakin kecil pula kemungkinan alergen dapat menempel ke permukaan lensa kontak.

  • Kompres mata

Ketika mata merah dan bengkak, jangan pernah sekali-kali menggosoknya. Kebiasaan mengucek mata justru bisa menyebabkan alergen menyebar dan memperparah kondisi peradangan di sekitar mata.

Agar lebih aman, kompres mata dengan air dingin untuk membantu meredakan peradangan pada mata. Anda juga bisa meletakkan air mata buatan di dalam kulkas sebelum menggunakannya bersama lensa kontak. Dengan begitu, maka mata akan lebih terasa dingin sekaligus dapat membantu meredakan mata merah.

  • Lakukan pemeriksaan ke dokter mata secara rutin

Meskipun gejala alergi mata sudah berkurang, Anda herus tetap memeriksakan kondisi kesehatan mata secara rutin. Dokter mungkin akan meresepkan beberapa obat tetes mata yang lebih ampuh untuk membantu mengurangi gejala alergi yang timbul.

Selain itu, konsultasikan juga jenis lensa kontak yang Anda gunakan saat ini. Pasalnya bisa jadi lensa kontak yang Anda gunakan tidak lagi aman untuk kesehatan mata Anda. Semoga bermanfaat.

Posted on Categories Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *