Turunkan Resiko Asma Anak Dengan Pelihara Anjing

Selain kucing, anjing juga merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipilih untuk menjadi hewan peliharaan. Selain memiliki tingkah yang menggemaskan, ternyata anjing juga dipercaya sebagai hean yang setia. Tidak hanya itu saja, ternyata anjing juga dapat membuat tubuh, terutama pada anak menjadi lebih sehat.

Anak yang dibesarkan dalam sebuah keluarga yang memelihara anjing saat tahun pertama kehidupannya memiliki risiko terkena asma yang lebih rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di Swedia.

turunkan resiko asma anak dengan pelihara anjing

Penelitian tersebut melakukan studi terhadap 377.000 anak usia prasekolah dan 276.000 anak usia sekolah di Swedia. Anak-anka usia sekolah yang terlibat dalam penelitian tersebut dan memiliki kontak dengan anjing sejak bayi memiliki risiko 13% lebih rendah terkena asma pada usia 6 tahun. Sedangkan bayi yang tumbuh disekitar hewan ternak dikaitkan dengan berkurangnya resiko asma hingga 52%.

Temuan yang dimuat di JAMA Pediatrics ini mendukung gagasan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah alergi. Namun, bagi anak yang sudah mengidap alergi terhadap anjing, membeli anak anjing tentu tidak akan menjadi ide yang baik.

Selama ini pemerintah Swedia merekam kesehatan semua warga negaranya denganmenggunakna nomor ID yang unik dan mewajibkan semua orang untuk mendaftarkan anjing peliharaan mereka. Hal ini memungkinkan untuk menelisik rekam jejak seseorang dan membandingkannya dengan sejarah kepemilikan anjing. Kemudian hal tersebut bisa dibandingkan dengan diagnosis penyakit asma yang diderita oleh anak-anak.

Sementara itu, Catarina Almqvist Malmors, seorang dokter anak sekaligus peneliti menambahkan bahwa temuan mereka bisa digeneralisasikan untuk semua populasi Swedia, dan mungkin juga ke populasi Eropa lainnya yang memiliki budaya memelihara anjing.

Penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mengetahui mengapa dan bagaimana anak-anak yang memiliki binatang peliharan anjing lebih terlindungi dari asma dari pada anak-anak yang tidak memiliki anjing.

Anjing bukanlah satu-satunya jenis binatang yang dapat menurunkan risiko asma pada anak-anak. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan binatang pertanian juga memiliki risiko asma yang lebih rendah.

Namun, jika Anda memiliki alergi tapi hidup dengan hewan peliharaan. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko alergi :

  • Cobalah untuk menjaga hewan peliharaan keluar dari kamar tidur
  • Lakukan perawatan secara rutin termasuk memandikan hewan peliharaan  juga dapat membantu
  • Cobalah gunakan filter udara dan vacum cleaner untuk membantu Anda untuk mengecilkan risiko alerg, meskipun bukti manfaat ini masih belum jelas
  • Tidak ada jenis anjing yang benar-benar non-alergi, karena mereka semua sama-sama memiliki bulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *