Waspada! Anak Alergi Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Waspada! Anak Alergi Berisiko Terkena Penyakit Jantung,- www.pengobatanalergi.com – Alergi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak, baik itu alergi makanan, alergi susu, atau jenis alergi lainnya. Namun, Anda harus waspada, karena anak alergi berisiko terkena penyakit jantung. Benarkah demikian ?

Terdapat bukti terbaru yang menghubungkan antara asma, hay fever, dan eksim pada anak-anak dengan masalah jantung di usia dewasa.

Anak Alergi

Mengapa Anak Alergi Berisiko Terkena Penyakit Jantung?

Alergi merupakan penyakit ketiga paling umum dialami oleh anak-anak. Alergi memang bisa membuat anak merasa tidak nyaman. Bahkan, terkadang reaksi alergi yang timbul bisa membuat si kecil menderita.

Belum lama ini, para ilmuwan mengatakan bahwa alergi mungkin memiliki efek yang lebih besar untuk memengaruhi kesehatan anak-anak, bahkan orang dewasa sekaligus. Alergi kronis pada anak bisa menyebabkan penyakit jantung di masa depan.

Menurut Dr. Jonothan Silverberg dari Northwesten University, Multidisciplinary Eczema Center, menyebutkan jika anak-anak yang mengidap asma, eksem, dan hay fever memiliki kemungkinan untuk terserang obesitas. Lebih buruk lagi, anak-anak dengan alergi juga berisiko memiliki hipertensi dan kolesterol, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki alergi. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

Secara biologis, penyakit alergi mungkin melibatkan peradangan. Menurut Silverberg, peradangan juga terlibat dalam banyak faktor dari penyakit jantung.

Silverberg dan tim peneliti mengaku tidak berpikir bahwa hal-hal tersebut bisa mengandalikan penyakit jantung. Namun, mereka mulai melihat koneksi diantara penyakit-penyakit tersebut berpengaruh terhadap timbulnya masalah jantung.

Meskipun penelitian menemukan hubungan natara kondisi alergi dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, namun tidak disebutkan hubungan sebab-akibat antara keduanya. Masih belum jelas apakah mengobati alergi bisa menurunkan risiko anak untuk terserang penyakit jantung.

Bahkan, kesimpulan sementara tentang hubungan antara alergi dengan penyakit jantung pada anak masih dianggap kontroversial. Dunia medis masih memerlukan kesimpulan dari haril penelitian-penelitian dengan topik masalah yang sama.

Perlu diketahui, anak-anak dengan alergi cenderung lebih banyak berdiam diri dan kurang aktif secara fisik. Jika mereka banyak melakukan berbagai aktivitas, seperti keluar rumah atau melakukan olahaga, maka hal tersebut justru bisa memperburuk gejala alergi yang timbul.

Posted on Categories Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *