Waspada! Hal Ini Ternyata Bisa Memperparah Gejala Alergi

Waspada! Hal Ini Ternyata Bisa Memperparah Gejala Alergi,- Alergi merupaakn salah satu reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing yang sebenarnya tidak berbahaya. Alergi biasanya menimbulkan beberapa gejala, seperti diantaranya bersin, kulit gatal, hidung berair, batuk, dan lainnya. Gejala alergi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas penderitanya.

Terdapat beberapa langkah pengobatan alergi yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala alergi yang timbul. Namun, sayangnya terdapat beberapa hal yang tanpa disadari bisa memperparah gejala alergi yang timbul. Apakah itu ?

Berikut ini beberapa hal yang bisa memperparah gejala alergi, diantaranya yaitu :

  • Pakaian

Pakaian, khususnya yang terbuat dari kain bertekstur kasar atau wol bisa membuat debu dan serbuk sari lebih mudah terperangkat didalam serat-seratnya. Ketika Anda akan mencuci pakaian tersebut dengan baik, bisa memperburuk alergi karena kotoran dan debu yang masih menempel.

  • Buah dan sayur

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi beberapa jenis buah dan sayur bisa memperburuk gejala alergi. Hal ini disebabkan karena beberapa buah dan sayur mengandung protein yang mirip dengan yang ditemukan pada serbuk sari. Ini bisa membingungkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Beberapa jensi sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita alergi diantaranya yaitu kentang dan bawang.

  • Asap rokok

Sebuah studi dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif bisa memperburuk gejala alergi yang dialami. Peneliti menemukan bahwa tingkat antibodi alergen IgE 16,6 kali lebih tinggi pada mereka yang terpapar asap rokok dibandingkan dengan mereka yang terpapar udara bersih. Asap merupakan zat iritan yang bisa mengganggu saluran pernapasan, sehingga bisa membuat gejala alergi sulit sembuh.

  • Pembersih debu

Membersihkan rumah dan lingkungan di sekitar merupakan hal yang tepat dilakukan untuk mencegah timbulnya alergi debu. Akan tetapi, Anda juga paerlu memperhatikan cara membersihkannya.

Ketika membersihkan rumah, sebenarnya lebih dianjurkan untuk menggunakan kain basah dibandingkan dengan menggunakan sapu ataupun kemoceng. Membersihkan perabotan rumah dengan kain lap kering atau kemoceng justru bisa membuat debu beterbangan dan bisa memperburuk reaksi alergi yang dialami.

  • Parfum dan lilin

Aroma aatu wewangian ternyata juga bisa berisiko mengiritasi lapisan kelopak mata dan saluran hidung. Jika Anda memiliki alergi terhadap parfum dan lilin, maka segeralah menghindar ketika seseorang yang berada di sekiatr Anda ingin menyemprotkan parfum atau membakar lilin.

  • Lari pagi

Bukan aktivitas lari pagi yang bisa membuat gejala alergi semakin memburuk, tetapi serbuk sari tanaman dan debu jalanan yang terhirup saat berlari. Serbuk sari paling banyak menyebar dan beterbangan di udara ketika pagi hari. Maka dari itu, Anda perlu segera mandi, mecuci rambut, dan mengganti pakaian setelah lari pagi, terutama jika Anda berlari di tempat yang terdapat banyak tanaman.

  • Stres

Stres bukanlah penyebab alergi, tetapi bisa membuat gejala alergi semakin memburuk akibat respons tubuh untuk melindungi diri. Ketika Anda stres, otak akan memberikan perintah untuk melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol, serta histamin, zat kimia penyebab timbulnya gejala alergi.

Stres yang terjadi berkepanjangan akan memperlambat respons melawan zat atau benda asing, sehingga Anda lebih rentan terkena penyakit, seperti influenza, batuk pilek, atau penyakit infeksi lainnya.

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa memperparah gejala alergi tersebut, kini Anda harus bisa lebih waspada dan hindari berbagai hal yang bisa memperburuk kondisi gejala alergi yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *