Waspada! Ternyata Lansia Lebih Rentan Terhadap Alergi Debu

Waspada! Ternyata Lansia Lebih Rentan Terhadap Alergi Debu,- www.pengobatanalergi.com – Alergi merupakan salah satu penyebab penyakit yang cukup berbahaya bagi orang tua atau lansia. Terlebih lagi, seiring dengan bertambahnya usia, sistem imun tubuh semakin melemah dan memicu timbulnya berbagai gejala penyakit termasuk masalah pernapasan seperti bronkitis dan penyakit jantung.

Terdapat berbagai faktor yang bisa memicu timbulnya reaksi alergi, salah satunya yaitu debu. Penyebab alergi yang satu ini ternyata bisa memberi dampak buruk pada mereka yang telah lanjut usia.

Alergi debu disebut juga rhinitis alergi. Gejalanya timbul ketika Anda menghirup zat-zat alergen yang membuat Anda mengalami alergi, seperti debu, bulu binatang, kapuk bantal, tungau debu, atau polusi udara sekalipus.

Lansia Rentan Terhadap Alergi Debu

Untuk menghindarkan dan menjaga lansia dari pemicu alergi tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

– Menciptakan suasana baru

Umumnya alergi dialami oleh anak kecil dan orang dewasa dibandingkan orang tua karena sistem imun mereka melemah seiring bertambahnya usia. Alhasil tidak cepat merespon alergi. Imun pada usia tua juga berarti meningkatnya respon terhadap penyakit dan komplikasi sebagai hasil dari alaergi terhadap debu.

Kondisi ini sering kali terjadi pada orang tua yang ketika menua mereka memerlukan suasana dan iklim baru, kualitas udara yang berbeda karena dapat memicu penyakit seperti bronkitis dan bahkan meningkatkan risiko stroke.

Menurut American Association of Retired Persons (AARP), warga negara yang berusia di atas 45 tahun dan sejarah yang panjang dengan sakit demam memiliki risiko 87% terserang stroke. Ini sesuai dengan fakta bahwa reaksi atas alergi bisa memicu pembengkakan dan berisiko memicu stroke.

Alergi biasanya memang tidak didiagnosa saat usia tua karena mereka lebih fokus pada penyakit berat. Biasanya, gangguan kesehatan seperti batuk dan hidung tersumbat bisa disalahartikan sebagai gejala lain seperti serangan jantung dan episema, kondisi dimana paru-paru menyebabkan kesulitan bernapas.

– Komplikasi dengan kondisi saat ini

Alergi debu bisa memicu gejala batuk dan pernapasan yang terhambat. Kondisi ini juga memiliki konsekuensi bagi orang tua dengan masalah kardiovaskular atau pernapasan.

Walaupun begitu, alergi yang berulang memerlukan indikasi pengobatan medis lain seperti tekanan darah tinggi dan sakit kepala.

Cara Mengatasi Alergi Debu pada Lansia

Untuk membantu mengawasi kesehatan dan memberikan jaminan lingkungan yang sehat, berikut ini beberapa cara mengatasi alergi debu pada lansia yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :

  • Perhatikan gejala yang timbul

Jika orang tua Anda mengalami gejala yang selalu sama seperti batuk, flu, dan pernapasan tersumbat, segera bawa mereka ke dokter. Alergi bisa memberikan banyak efek sehingga sangat penting diatasi dengan serius.

  • Perhatikan kebersihan rumah

Untuk mengurangi timbulnya alergen di sekitar orang tua, alangkah baiknya rumah dibersihkan secara teratur. Jauhkan isi rumah dari barang-barang yang bisa menyimpan banyak penyebab alergi. Bersihkan dapur dan kamari mandi dari jamur. Serta gantilah bantal dengan bantal yang tidak menyimpan debu dan resisten terhadap jamur.

  • Gunakan penyaring udara

Penggunaan penyaring udara bisa membantu menyaring pemicu alergi seperti debu dan jamur. Carilah penyaring udara dengan filter yang bisa menangkap partikel yang berpotensi merusak kesehatan tubuh. Adapun daya saring samapi 99,95% setara dengan 0,1 micro.

  • Higienis

Doronglah orangtua untuk mandi setelah menghabiskan waktu di luar ruangan. Hal ini bis amembantu mereka terbebas dari pemicu alergi yang menempel di badan.

  • Gunakan AC

Mengatasi alergi juga bisa dengan menutup semua jendela dan menggantinya dengan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Agar bisa menghasilkan performa yang lebih baik, AC juga harus diperbaiki secara rutin.

  • Atur diet sehat

Makanan yang tepat, seperti apel, jahe, kacang almond, dan sayuran hijau bisa membantu mengatasi pembengkakan dan gejala alergi. Menggunakan vitamin C juga bisa membantu mengatasi pembengkakan yang timbul akibat alergi.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi dan mencegah alergi debu pada lansia. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa membantu dalam menjaga kesehatan orang tua. Bagaimanapun, menjaga kesehatan tentu sangat penting, tidak hanya untuk lansia, tetapi juga untuk semua usia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *